Sepuluh tips dan trik yang perlu diperhatikan saat akan diwawancara kerja.

SAATย wawancara bisa dibilang adalah masa-masa krusial untuk menentukan apakah kamu diterima kerja atau tidak. Karena pada saat diwawancara juga sekaligus “masa perkenalan pertama” dimana kredibilitas dan kemampuan kamu akan “diuji” dan dilihat secara langsung oleh HRD atau tim yang akan memperkerjakan kamu. Nah, agar wawancara kamu berhasil, simak sepuluh tips berikut yang perlu kamu perhatikan. ๐Ÿ™‚

giphy

1. Pelajari lokasi. Memelajari dan mengetahui dimana lokasi interview akan dilakukan ini sangat penting, agar pada saat hari H kamu tak lagi kelabakan mencari tahu dan bisa fokus mempersiapkan dirimu. Cari tahu juga rute tercepat menuju ke sana, atau jika kamu adalah pengguna transportasi umum, jangan lupa untuk mencari tahu apa alternatif transportasi menuju tempat kamu akan diinterview BEBERAPA HARI SEBELUMNYA.

2. Cari tahu informasi tentang perusahaan yang kamu diwawancara. Plus, jenis pekerjaan yang akan kamu isi. Selain berguna agar kamu tahu seperti apa perusahaan tempat kamu akan bekerja, hal ini juga bisa membantu kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sekiranya ditanyakan oleh HRD mengenai pengalaman dan kemampuan kamu yang bisa dipakai oleh perusahaan tersebut. Dan, percayalah, mereka โ€“pihak yang mewawancarai kamuโ€“ akan terkesan jika mengetahui bahwa kamu sedikit banyaknya telah mengetahui tentang mereka.

3. Berpakaianlah menurut โ€˜aturanโ€™ perusahaan yang kamu tuju. Ini termasuk langkah lanjutan dari mengetahui seperti apa perusahaan yang akan kamu tuju di atas. Jika kamu sudah tahu bagaimana gaya dan aturan perusahaan yang akan mewawancara kamu, maka berpakaianlah menurut โ€œdress codeโ€ mereka. Jika perusahaan itu termasuk perusahaan konvensional, maka jangan mengenakan pakaian-pakaian yang terlalu modern dan mencolok saat wawancara. Dan sebaliknya, jika perusahaan yang kamu tuju adalah industri kreatif, bersegmen gaya hidup, dan sejenisnya, maka sebaiknya kenakan busana yang sesuai dengan segmentasi mereka: stylish, menarik tapi tetap sopan.

4. Datang lebih cepat. Lebih baik datang 10 menit lebih cepat, daripada terlambat. Biasanya perusahaan tidak akan mentolerir keterlambatan seseorang pada saat wawancara. Atau lebih buruk, biasanya tidak akan ada panggilan wawancara susulan. Maka sebaiknya persiapkan diri kamu. ๐Ÿ˜‰

5. Jangan mengunyah permen karet (atau apapun) pada saat diwawancara! Pertama, itu tidak sopan. Kedua, itu tentu saja mengurangi nilai profesionalmu di mata HRD atau perusahaan yang akan memperkerjakan kamu.

6. Sapa balik HRD/tim yang mewawancara kamu. Ini menunjukkan bahwa kamu memiliki kepercayaan diri dan semangat positif yang baik.

7. Jabat tangan dengan tegas. Namun perlu diingat, menjabat tangan dengan tegas tidak berarti kamu jadi menggenggam tangan orang yang mewawancarai kamu dengan sangat kuat dan jadi terkesan mencengkeram mereka. Pastikan tanganmu juga tak berkeringat saat berjabatan tangan.

8. Duduk pada saat telah dipersilakan. Tunggu sampai HRD yang mewawancarai kamu mempersilakan duduk. Dan ingat selalu tentang body language dan postur yang baik: duduk dengan tegak, dan tunjukkan bahwa kalian tertarik dengan percakapan itu. Jangan gelisah atau duduk bungkuk.

9. Jangan berbicara dengan suara yang (terlalu) rendah. Kamu tidak sedang berbicara dengan anak kecil atau bayi. Suara yang tegas dengan intonasi yang jelas menunjukkan bahwa kamu percaya diri dan dapat diandalkan. Tapi ingat, bedakan bicara tegas dengan bicara lantang. Itu tidak sama. Plus, jangan sampai kamu jadi terkesan agreasif pula.

10. Jangan bicarakan hal-hal negatif tentang perusahaan atau tempat kerja kamu yang dulu. Termasuk atasan atau rekan kerja di tempat kerja kamu yang dulu, jangan bicarakan hal-hal yang jelek tentang mereka. Selain itu membuat citra kamu jadi ikut negatif, perusahaan juga akan menilai bahwa kamu pun mungkin akan melakukan hal yang sama jika suatu saat kamu tidak bekerja lagi di tempat itu.

 

Demikianlah 10 tips dan trik yang perlu kamu perhatikan pada saat menghadapi wawancara kerja. Semoga berhasil ya!

ย 

Foto-foto diambil dari giphy dan situs pencari.