Yang mengejutkan, salah satu kuncinya ternyata kamu tidak mesti punya (banyak) kesamaan dengan pasanganmu.

MEMILIKI hubungan asmara alias relationship yang sehat bisa dibilang adalah garansi yang menjamin kelangsungan hubungan kamu dalam waktu lama. Hubungan yang sehat juga merupakan faktor yang bisa membuat relationship menjadi awet dan bahkan sampai selamanya seperti di cerita-cerita romantis. Jika beberapa waktu lalu CUVIOUS udah pernah membahas gejala hubungan yang tidak sehat, nah sekarang waktunya menandai hubungan yang sehat itu seperti apa.

Ternyata, hubungan yang sehat itu tidak mesti selalu harus kompak dalam segala hal, atau seiya sekata dari A sampai Z lho, Babes. Apalagi tanda-tandanya? Nih simak berikut ini:

1. Kamu (selalu) mengungkapkan apa yang ada di dalam pikiran dan apa yang menjadi ‘bebanmu’
Dengan mengekspresikan apa yang ada di dalam pikiranmu, berarti kamu tidak menyembunyikan masalah apapun atau keluhan apapun terhadap pasanganmu. Sebuah hubungan akan berhasil jika kalian masing-masing bisa mengungkapkan segala yang kalian resahkan dengan bebas dan jujur. Kuncinya adalah komunikasi yang konsisten.

2. Kamu memiliki ruang untuk dirimu sendiri
Oke, jadi tanda untuk menunjukkan bahwa kamu cinta pasanganmu bukan selalu harus dengan berduaan terus kemana pun kalian pergi. Sebaliknya, itu justru nggak sehat dan membuat hubungan kalian rapuh karena saling ketergantungan. Meskipun telah memiliki hubungan spesial dengan orang spesial, kamu tetap harus meluangkan waktu untuk dirimu sendiri. Dan juga dengan teman-temanmu. Itulah yang menandakan kalau hubunganmu sehat, karena kalian masing-masing bisa berkembang secara individu.

3. Berantem
Yep. Kamu nggak salah baca. Tidak setuju dengan pendapat pasanganmu merupakan hal yang normal, begitu juga dengan berantem. Tapi perlu diingat bahwa berantem itu tetap sehat sepanjang kamu berantem secara produktif dan adil. Ini juga berarti bahwa, pada saat kamu berantem, kamu tidak saling memaki, memanggil pasanganmu dengan nama ejekan tertentu, atau merendahkan satu sama lain. Dan yang terpenting, ketika tahu kamu salah, kamu tidak malu untuk meminta maaf. That’s the point, Babes.

4. Kamu mencintai pasanganmu apa adanya, bukan (karena) ada apanya
Menerima pasanganmu apa adanya adalah mencintai yang sesungguhnya. Menerima pasanganmu bukan hanya berarti menerima hal-hal baik yang ada padanya, namun juga sifat-sifat buruk yang mungkin sedang ia coba untuk ubah. Menerima pasanganmu apa adanya akan membuat kamu lebih mengerti dan memakluminya sehingga nggak akan membuat kamu suka komplain terhadap hal-hal yang sebenarnya sepele. Dan ini juga salah satu faktor yang menandakan sebuah hubungan itu sehat.

Kamu mendiskusikan (segalanya) bersama-sama.
Kamu mendiskusikan (segalanya) bersama-sama.

5. Kalian mendiskusikan secara bersama-sama

Terutama pada saat akan memutuskan hal-hal penting dan krusial. Misalnya, jika kalian sudah berhubungan lama, sudah merencanakan menikah, memiliki tabungan bersama, kemudian salah satu dari kalian memutuskan untuk membeli sesuatu yang cukup mahal, misalnya. Diskusikan dulu dengan pasanganmu secara baik-baik. Buatlah keputusan bersama dengan memerhatikan keluhan dan keinginan masing-masing pula.

6. Kamu terlihat dan merasa bahagia sepanjang menjalani hubungan
Cara paling gampang untuk mengetes hubunganmu sehat atau tidak, ya, seperti hal ini. Cek saja, selama menjalani hubungan itu, kamu lebih banyak tertawa dan bersenang-senang… atau justru sebaliknya? Jika kamu lebih banyak hepi dan bahagia selama menjalani hubunganmu, berarti hubungan kamu sehat.

Salah satu
Salah satu tanda bahwa hubunganmu sehat: kamu lebih banyak hepi dan bahagia.

7. Hidupmu lebih seimbang
Seimbang, bukan berarti apapun yang kalian lakukan berpola sama. Bukan, bukan. Keseimbangan adalah kelebihannya menutupi kekuranganmu, dan sebaliknya.

8. Kalian memerlakukan satu sama lain dengan baik
Hal yang juga penting dalam menjalin hubungan adalah dengan memerlakukan orang yang kamu cintai dengan perhatian, kasih sayang, empati dan termasuk menghargai. Kalian saling menghargai satu sama lain dan tidak suka merendahkan pula.

9. Kalian saling percaya satu sama lain
Sebuah hubungan yang sehat didirikan di atas kepercayaan dan komitmen untuk selalu jujur kepada pasangan masing-masing. Tidak ada rahasia apapun yang ada diantara kalian. Jika kalian telah “menerapkan” ini dalam hubungan kalian, then congratulations! Berarti kamu dan pasanganmu tidak memiliki rahasia atau apapun untuk ditutup-tutupi. Dan, bukankah itu baik untuk menjalani hubungan?

10. Kalian tidak menyimpan dendam
Ini merupakan semacam lanjutan dari beberapa poin di atas. Ketika kalian selesai berantem atau berselisih paham, maka ya sudah. Kalian tidak lagi mengungkit-ungkit masalah di masa lalu pada hari-hari berikutnya. Kalian tidak saling menyimpan dendam dan membiarkan masa lalu tetap berada di masa lalu.

 

Nah Babes, begitulah 10 tanda yang menunjukkan bahwa hubungan kamu sehat. Btw, ada berapa tanda yang kamu alami dalam hubunganmu? Share dong.

Foto-foto dari iStock photo, giphy dan situs pencari.

P.S Girls, kalian bisa liat inspirasi makeup untuk membuat kalian selalu gorgeous setiap hari melalui channel youtube CUVIOUS di sini. See you there, Babes.