Hubungan jarak jauh bukan alasan untuk membuat relationship jadi nggak asik.

KADANG dalam menjalani long distance relationship alias hubungan jarak jauh, pasangan yang menjalaninya harus pinter-pinter ‘mengatur strategi’ untuk membuat hubungan mereka tetap awet dan langgeng. Bukan rahasia nih Babes kalo dalam LDR segalanya terlihat menjadi lebih sensitif. Yah, namanya juga dipisahkan jarak sehingga apa yang kita ekspresikan saat ini mungkin nggak bisa ditangkep dengan jelas oleh pasangan yang jaraknya mungkin bermil-mil. Tapi meski begitu, kamu yang menjalani LDR tetap bisa melakukan beberapa hal ini biar hubungan kalian tetap langgeng kok. Seperti kata pepatah, “Distance means so little when someone means so much.”

Simak beberapa tips untuk menjaga hubungan jarak jauh kamu tetap kece berikut ini:

 

1. Hindari komunikasi yang berlebihan

Beberapa pakar relationship bilang kalo pasangan yang menjalani LDR sebaiknya menghindari komunikasi yang berlebihan. Kalian nggak mesti berkomunikasi 12 jam sehari untuk membuat hubungan itu berhasil. Mungkin ada pasangan yang menganggap bahwa kompensasi dari hubungan jarak jauh adalah dengan berkomunikasi sesering dan sebanyak mungkin… which is not really true. Terlalu banyak berkomunikasi justru bisa membuat hal menjadi lebih buruk dan, cepat atau lambat, kamu akan “lelah” dengan semua itu. Inget, less is more. Yang penting adalah kamu percaya dengan pasanganmu dan berkomunikasi di saat yang tepat.

 

2. Cobalah berkomunikasi secara teratur dan dengan kreatif

Ini adalah pengembangan dari poin di atas. Menyapa pasanganmu dengan pesan manis seperti ‘Selamat pagi’ dan ‘Selamat malam’ setiap hari secara teratur adalah keharusan. Tapi perlu diinget, yang paling penting “hanyalah” kedua poin ini aja, ya Babes. Di luar itu, kamu nggak boleh maksa pasanganmu untuk ngasih laporan rutin lebih dari 3 kali sehari sampe ngalah-ngalahin jadwal minum obat dokter tentang dia ada dimana, sama siapa, makan apa, dan sebagainya. Please. P.S. Kamu bisa mengirim pesan manis ke pasanganmu dengan cara yang kreatif, misalnya entah dengan mengirimkan pesan gambar, audio clips atau short video.

Salah satu contoh sapaan 'Selamat Pagi' yang manis nih.
Salah satu contoh sapaan ‘Selamat Pagi’ yang manis nih.

 

3. Lakukan satu aktifitas bersama-sama

Ini semacam pengganti kencan untuk kalian yang berada di jarak berbeda. Misalnya, dengan bermain satu game online bersama-sama, menonton film yang sama di Youtube atau Vimeo, atau bahkan online shopping bersama-sama dimana kalian masing-masing membelikan hadiah satu sama lain. Intinya, kreatif aja. 🙂

 

4. Kerjakan hal yang sama

Hey, ini nggak sama dengan poin di atas lho ya. Mengerjakan hal yang sama ini tidak mesti dilakukan secara bersama-sama. Kamu bisa merekomendasikan buku yang keren untuk dibaca, film yang oke untuk ditonton, dan sebagainya. Dengan melakukan ini, kalian akan punya topik yang sama untuk dibicarakan nantinya. Dan ini juga merupakan hal yang bagus untuk saling “berbagi pengalaman” meskipun kalian terpisah jarak (dan mungkin juga waktu).

 

5. Hindari situasi-situasi yang berisiko

Misalnya kalo kamu akan pergi ke sebuah klub atau mungkin ke party yang membuatmu pulang larut malam sehingga, menurutmu, itu bisa membuat pasanganmu kurang senang, maka sebaiknya jangan dilakukan. ATAU kasih tau pasanganmu bahwa kamu akan melakukan hal itu untuk memastikan kalo dia tau dari kamu dan bukan dari orang lain. Memberi tau pasanganmu tentang situasi seperti ini juga bagus untuk menghindari kecurigaan di kemudian hari.

 

6. Tetaplah jujur satu sama lain

Kalo kamu mungkin merasa insecure, cemburu, takut (akan kehilangan pasanganmu), atau apapun… jangan ragu untuk ngasih tau pasanganmu dengan jujur. Jangan menyembunyikan apapun karena rahasia itu cepat atau lambat bakal ketahuan juga, ‘kan? Tetaplah terbuka dan saling jujur satu sama lain. Biarkan pasanganmu membantumu dan memberi dukungan yang kamu perlukan.

honest

 

7. Saling mengunjungi satu sama lain

Ya, ini risikonya menjalani hubungan jarak jauh. Salah satu pengorbanan yang mesti kamu lakukan adalah dengan mengunjungi satu sama lain. Setelah semua absensi dan penantian panjang (halah!), kamu bisa memuaskan segala kekangenan kamu sama pasangan dengan mengunjunginya. Dan, percaya tau nggak, mengunjungi pasangan setelah sekian spasi dan sekian lama nggak ketemu justru bisa menjaga hubungan kalian tetap segar dan bergairah lho! 😉

 

8. Tau jadwal masing-masing

Ini penting agar kalian tau apakah pasanganmu emang beneran lagi sibuk atau lagi free. Tau jadwal masing-masing ini juga bisa menghindari kamu dari bawaan yang curiga mulu sepanjang hari karena mungkin telponmu nggak diangkat atau pesanmu nggak dibales. Btw, ini juga penting diperhatikan terutama buat kalian yang tinggalnya di dua zona waktu berbeda.

 

9. Sesekali bolehlah bikin video-call

Simpel. Karena melihat wajah pasanganmu atau mendengar suara pasanganmu secara langsung bisa membuat kalian kembali merasa baik-baik saja. 🙂

 

10. Tetap positif

Poin penting dari semuanya adalah: tetaplah positif, termasuk dalam memikirkan pasanganmu di sana, maupun saat ngobrol dengannya. Hindari kecurigaan berlebihan apalagi kata-kata yang memojokkan. Energi positif ini bisa membuat hubungan jarak jauh kalian menjadi lebih hidup dan sehat.

tumblr_mfcffb0Mii1rhhfzzo1_500

Demikianlah 10 tips untuk LDR yang bisa kalian coba. Cheers to good vibes!

 

Foto-foto diambil dari ShutterStock, wishesmessages(dot)com, giphy dan situs pencari.