Psst… tips ini juga mudah diaplikasikan lho.

TAS wanita, entah itu handbag atau sling bag, dari bahan leather biasanya emang jadi salah satu a-must-have-item di koleksi cewek, ya Babes. Tas dari kulit, apalagi yang dibandrol dengan harga yang cukup mahal, selain bisa membuat penampilan semakin chic and stylishly vintage, juga bisa menjadi semacam investasi untuk masa depan. Terutama karena tas kulit juga bisa semakin berharga hari lepas hari.

Nah kalau kamu memiliki koleksi tas dari bahan leather, coba simak nih tips dari CUVIOUS bagaimana merawat tas kulit kesayangan kamu agar tetap awet dan terjaga. Check these out!

1. Lindungi tas kamu sejak hari pertama

Sejak hari pertama kamu membeli tas kulitmu, segeralah lindungi dengan leather protection cream khusus begitu kamu nyampai di rumah. Krim ini akan memberi semacam barrier untuk melindungi tasmu dari noda dan aus.

2. Bersihkan secara berkala

Tidak peduli apakah kamu jarang menggunakannya atau tidak, kamu harus membersihkan tas kulitmu secara berkala. Setidaknya setiap 2-3 bulan sekali untuk memeliharanya tetap bagus.

3. Gunakan pembersih leather khusus

Jangan pernah menggunakan baby wipes, cuka, atau “bumbu dapur” lainnya untuk membersihkan tas kulit. Kebanyakan produk seperti ini biasanya mengandung zat kimia dan substansi yang justru bisa menghilangkan warna dari kulit tasmu dan membuatnya kering.

4. Simpan tasmu dalam dust bag khususnya meski tidak digunakan

Jika tasmu juga hadir dengan sepaket dust bag, maka gunakanlah itu. Jangan dibuang. Simpan tasmu di dalam dust bag untuk mencegahnya dari debu. Jika tidak ada, maka kamu bisa menggunakan kain pelindung seperti sarung bantal untuk menyimpannya.

Masukkan tas kulitmu ke dalam dust bag untuk menjaganya

5. Bungkus tasmu agar tetap terbentuk

Kamu bisa menggunakan bubble wrap atau beberapa kain lama untuk menjaga bentuknya.

6. Jangan menjinjing atau memegang tas kulitmu terlalu sering ketika membawanya

Barangkali ini terdengar agak aneh, ya. Tapi tangan kita umumnya mengeluarkan keringat atau minyak alami tubuh yang bisa merusak leather dan mendegradasi warnanya. Daripada sering-sering menjinjingnya dengan tangan, sebaiknya menyampirkan tasmu ke bahu dengan sling khusus.

7. Hindari membawa tas kulit berwarna terang ketika kamu sedang memakai denim jeans baru

Karena dye dari denim bisa tertransfer ke permukaan kulit tas, meskipun kamu tidak menyadarinya.

Sayang kan kalo tas cakep-cakep begini malah rusak karena hal sepele? :p

8. Jangan pernah masukkan benda-benda dengan bahan yang mudah tumpah ke dalam tasmu

Seperti pulpen, botol minuman, dan sebagainya. Sebaiknya masukkan benda-benda itu ke dalam bag kecil dulu baru menyimpannya ke dalam tas.

9. Jangan meletakkan tas kulitmu sembarangan

Ketika masuk ke mobil, atau tiba di kantor, jangan asal mencampakkan tasmu begitu saja. Kalau perlu, hindari dari paparan sinar matahari yang berlebihan, karena itu pun bisa merusak tas kulit.

10. Gunakan handbag hook

Handbag hook bagus untuk menjaga tasmu tetap bersih dan “kering” pada saat dinner, karena menghindari dari permukaan meja yang basah, atau lantai yang kotor. :p

Gimana? Cara merawatnya gampang kan? Selamat merawat tas kulitmu, Babes.

Foto-foto diambil dari Pinterest, Getty dan situs pencari.