Hal-hal ini umumnya sering dilakukan kebanyakan perempuan sehari-hari.

SEMUA perempuan pengin kulit yang selalu tampak awet muda, yep, semua juga mengamini itu. Nggak heran kalo banyak perempuan juga jadi rela melakukan apa saja demi membuat kulitnya tetap kinclong sepanjang waktu. Kita nggak usah jauh-jauh membahas yang ekstrim-ekstrim seperti plastic surgery atau tanam benang lah ya. Membersihkan wajah dua kali sehari dan memakai berbagai macam face cream pun udah termasuk salah satu cara yang biasanya dilakukan kebanyakan perempuan untuk menjaga kecantikan kulit mereka dan mencegah penuaan dini pada kulit.

Tapi, tau nggak Babes, ternyata ada hal-hal yang sebenarnya justru (sangat) sepele dan umumnya sering dilakukan/terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang bisa membuat kulit kamu menua lebih cepat, lho. Apa-apa saja?

1. Stress

Saat stress dan merasa cemas, tubuh akan melepaskan cortisol, yaitu hormon yang bersifat pro-inflamasi dan membuat kamu jadi lebih sensitif. Pada akhirnya, efeknya akan berakibat ke kulit dan membuat kulit terlihat lebih kering, kusam dan pecah-pecah. Khawatir yang berlebihan juga bisa membuat kulit kamu menjadi lebih kusam dan memunculkan garis-garis halus yang lebih dalam karena sirkulasi tubuh melambat lantaran darah lebih banyak dipompa ke ‘otot’ wajah.

Jangan lupa untuk tetap tersenyum, meskipun kamu mungkin lagi stress. Surely it helps!

Cara mengatasinya: Meditasi. Melakukan yoga dan meditasi sering terbukti menjadi ‘obat yang ampuh’ bukan hanya mengatasi stress, tapi juga penyakit-penyakit yang umumnya menjangkiti masyarakat kota besar: gampang emosi, marah, dan sebagainya. Cara lainnya, kamu bisa mulai belajar menanamkan pikiran positif dalam keseharianmu. Hidup itu cuma sekali, maka susah senangnya, nikmati saja. ๐Ÿ™‚

2. Terlalu banyak berfoto selfie

Yep. Kamu nggak salah baca. Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, high-energy visible light (HEV), atau semacam pendar biru di layar ponsel kamu, bisa membuat kulitmu menjadi lebih kusam. Ini juga disebabkan karena medan magnet yang ada di ponsel yang bisa mengubah mineral alami pada kulit kamu.

Selfie juga bisa bikin stres, karena kadang bikin kamu justru selalu merasa “kurang cantik”.

Cara mengatasinya: Stop sering-sering berfoto selfie. Simpel.

3. Mandi air panas

Surprise, huh? Mandi air hangat memang bisa membuat kita merasa lebih nyaman dan comfy. Namun jika terlalu sering, hal itu bisa menghilangkan kelembaban kulit karena suhu air yang panas bisa ‘melucuti’ minyak esensial alami yang melindungi lapisan permukaan kulit. Hal inilah yang kemudian akan berpotensi membuat kulitmu menjadi lebih cepat kering dan pecah-pecah.

Cara mengatasinya: Jika memang terpaksa mandi dengan air hangat/panas, jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembab yang mengandung cukup banyak moisturizer pada kulitmu. Ini bagus agar kulit tetap lembab dan nggak kehilangan kelengasannya.

So, selamat merawat kulit sehat, Babes.

Foto-foto diambil dari Pinterest dan situs pencari.