Kejutkan HRD dengan jawaban yang mengejutkan, nggak zamannya lagi sekarang malu-malu ataupun jaga imej, kalau kamu merasa punya kemampuan kenapa nggak sekalian aja “menjualnya”?

SAAT wawancara seringkali HRD menanyakan berapa gaji yang diminta dan kamu dengan sederhananya menjawab berapa yang dikasih saja. Sudah sewajarnya kamu memberikan jawaban yang lebih memuaskan ketimbang sekadar menyerahkan keputusan berapa nilaimu kepada sang HRD.

Berikut adalah 4 penjelasan kreatif ketika ditanyakan berapa gaji yang kamu minta!

1. Kamu Bisa Sedikit Memberikan Kilas Balik Pengalaman di Perusahaan Sebelumnya Baru Kemudian Mengatakan Angkanya

Dengan menunjukkan plusnya kamu, apa-apa yang sudah kamu capai, bagaimana detailnya kamu di job sebelumnya baru kemudian mengatakan angka akan menunjukkan kelebihan kamu sehingga pantas mendapat nilai di angka tersebut. Tentunya hal-hal yang kamu katakan harus sesuai dengan fakta ya….

photo source: hrmagazine.co.uk

 

 

2. “Mengangkat” Perusahaan dan Menegaskan Bahwa Angka yang Kamu Minta Itu Pantas

Seringkali ketika kamu meminta angka, respon HRD adalah menilai kalau angka yang kamu minta terlalu besar. Nah, pada posisi demikian kamu jangan langsung mengiyakan, bisa jadi itu cuma gertakan HRD untuk menguji kamu atau dia mau menekan anggaran. Sudah seharusnya sih kamu menegaskan kalau angka tersebut sudah wajar dengan job desk yang kelak kamu emban dan memang rata-rata perusahaan dengan kedudukan yang sudah cukup strategis memberikan nilai di angka tersebut untuk posisi yang kamu lamar.

photo source: gettyimages

 

 

3. Bersikap Fleksibel Sekaligus Tegas

Kamu bisa memberikan jawaban fleksibel namun tegas saat HRD menyebut angka yang sanggup diberikan perusahaan. Apalagi kalau ternyata angka tersebut di bawah standard seharusnya. Jelas dengan runut bagaimana kondisi kamu dan kehidupan ekonomi di tempatmu tinggal. Apalagi kalau kamu sudah punya pengalaman sebelumnya, sudah sewajarnya ini menjadi nilai lebih dan perusahaan juga membayar lebih untuk itu.

photo source: tumblr.

 

 

4. Kamu Menginginkan Peningkatan Saat Pindah Kerja

Penjelasan terakhir inilah yang paling masuk akal sebenarnya. Semua orang, ketika akan berpindah kerja menginginkan posisi, pengalaman dan penghasilan yang lebih baik. Suka sih suka, passion iya passion tapi Joker saja bilang jangan mau memberikan jasamu secara cuma-cuma kalau kamu memang expert di bidang itu hehehe…

photo source: http://chocolatefashioncoffee.blogspot.co.id

 

Selamat wawancara dan negosiasi gaji ya, Babes xoxoxo

 

 

Cheers to good vibes!

 

Foto utama diambil dari pinterest.