Seperti kata pepatah, Babes: sepandai-pandainya gebetan menyimpan mantan, baunya akan tercium juga.

ORANG yang sedang berbohong cenderung akan menyembunyikan kebohongannya. Ketika kamu curiga akan kebohongan pasangan tidak ada salahnya mencoba mendeteksi kebohongan pasangan lewat bahasa tubuhnya. Perhatikan 5 bahasa tubuh berikut ini.

Senyuman


Senyuman yang jujur rata-rata menunjukkan gerakan bibir dan mata yang sinkron. Jika bibir tersenyum, otomatis mata akan memperlihatkan ekspresi yang sama. Seseorang yang tidak jujur cenderung memperlihatkan senyuman, namun kedua matanya tidak ekspresif. Bisa saja ia menyembunyikan rasa takut, marah, hingga jijik.

Mimik Wajah


Seseorang mungkin mengira bahwa ia bisa menyembunyikan sesuatu lewat senyumannya. Namun jika diperhatikan secara jeli, aroma kebohongan dapat terdeteksi dengan mengamati ekspresinya. Baik secara sadar maupun tidak, seseorang yang sedang berbohong, akan mengungkapkannya lewat wajah seperti pipi yang memerah, lubang hidung yang mengembang, menggigit bibir, tarikan nafas yang dalam, hingga kedipan mata yang cepat.

Nada bicara

Perubahan tindakan yang dilakukan seseorang umumnya dapat memberitahu apakah ia berkata jujur atau tidak. Kamu juga perlu mempertimbangkan nada berbicara yang biasa mereka lakukan dan dalam konteks situasi apa mereka bertindak tidak seperti biasanya.jika biasanya ia berbicara dengan nada biasa tapi ketika berbohong ada unsur penekanan dalam beberapa kalimat. Dan di kalimat-kalimat itulah situasi berbohong sedang berlangsung.

Cara Bicara

Kebohongan dapat terungkap dari cara bicara seseorang apabila kecepatan berbicara dan pola pernapasannya berbeda dari yang biasa dilakukan. Apakah ia berbicara lebih cepat dari biasanya, atau justru lebih lambat? Tidak hanya perubahan suara, tempo berbicara dan pola pernapasan umumnya juga bisa membongkar ketidakjujuran seseorang.

Tingkah laku tidak fokus

Perhatikan lebih detail bagaimana seseorang bertindak bisa menunjukkan bahwasanya seseorang sedang berbohong. Terlebih, bila ini diterapkan pada seseorang yang sangat kamu kenal. Perubahan tindakan yang dilakukan seseorang umumnya dapat memberitahu apakah ia berkata jujur atau tidak. Misalnya ia tidak sadar telah mencampur garam kedalam minum. Ia terlalu memikirkan kebohongannya sehingga tidak fokus atas apa yang dilakukannya.

Nah, jika pasangan jelas-jelas memperlihatkan bahasa tubuh seperti penjelasan diatas ada baiknya kamu bicarakan baik-baik, Babes. Karena jika dibiarkan berlarut-larut tentu membuat hubungan asmara tidak sehat.

Foto utama diambil dari ShutterStock, foto lainnya dari giphy dan situs pencari.