Gelas pertama akan menentukan apakah kamu akan menikmati gelas-gelas selanjutnya. Salah langkah ataupun treatment, bisa-bisa kamu gagal mencecap keunikan rasa dari wine pilihanmu. 

ADA 1000 jenis wine lebih di dunia, mulai dari merah, putih, sparkling dan lain-lain. Nah, dari sekian banyak tersebut, ada pengklasifikasian yang membuatnya menjadi lebih spefisik mulai dari nikmatnya dimakan dengan apa dan cara menyesapnya seperti apa.

Gambaran garis besarnya seperti ini Babes

1. Membuka Tutup Botolnya

photo source: vinovisit.com

Perkara membuka tutup botol juga ada aturannya. Buka dengan pembuka botol khusus wine, potong ujungnya sedikit dan saat membuka keseluruhan tutup botol, jangan langsung dituang, biarkan beberapa saat supaya aromanya tetap bertahan di dalam kemasan.

 

2. Pilih Gelas yang Tepat

photo source: http://www.coolervino.com

Fungsi gelas dalam segelas wine adalah menampung cairan seksi tersebut supaya aromanya tetap terjaga sampai kamu menyesap tetes terakhir. Untuk red wine, kamu butuh badan gelas yang lebih lebar sedangkan pada white wine kamu memerlukan tangkai gelas yang lebih panjang dengan badan gelas membentuk “U” supaya rasa wine lebih menyesap masuk ke pangkal lidah.

 

3. Biarkan Wine Bernafas

photo source: ebayimg.com

Jangan langsung menenggaknya seperti minum air. Segelas wine butuh beradaptasi dengan lingkungan sekitar setelah lama terendap. Perpaduannya dengan udara akan memberikan cita rasa yang spesial, ayunkan perlahan sebelum menyesapnya dan biarkan “cairan seksi” tersebut bergumul dalam mulut dan lidahmu sebelum akhirnya mengalir ke tenggorokan.

 

4. Jangan Lupa Mencium Aromanya

photo source: intovino.com

Mencium aroma wine sebelum meminumnya dapat merangsang indra perasa kamu untuk menikmati sensasi wine lebih maksimal. Ketika mencium aromanya jangan sampai hidungmu tertutup semuanya ya, biarkan separuh terbuka seperti yang ada pada gambar. Ini adalah posisi terbaik menghirup aroma wine.

 

5. Menjaga Suhu Tetap Stabil Saat Menyimpannya

photo source: vincarta.com

Supaya cita rasanya tetap sempurna dan maksimal, kamu perlu menyimpan wine dalam suhu yang stabil yang disarankan supaya rasanya tidak hilang. Biasanya sih wine akan menyimpan aroma dan taste-nya pada suhu dingin.

Bagaimana, siap menerima segelas wine pertamamu?

 

 

Cheers to good vibes!