“A reader lives a thousand lives before he dies, said Jojen. The man who never reads lives only one.” –George R.R Martin

NGGAK salah kenapa Mr. Martin bilang ungkapan kayak gitu. Seseorang yang suka membaca buku biasanya memiliki petualangan yang lebih banyak meskipun mereka sedang tidak pergi kemana-mana. Karena buku bisa membuat imajinasi kita terbang ke sebuah dunia yang disebut fantasi dan menjalani petualangan menyenangkan. Karena itu jugalah orang yang suka baca biasanya jadi jarang galau, karena mereka terlalu sibuk bertualang di dunia imajinasi mereka.

Kalau kamu juga adalah tipe yang suka membaca, berikut ini ada lima rekomendasi buku-buku romantis yang wajib dibaca. Siapa tahu bisa semakin memperluas dunia jendela imajinasi kamu. Yuk, intip.

1. Gadis Jeruk (Appelsinpiken), Jostein Gaarder

gadis-jeruk

Walopun buku ini dibalut dengan Bahasa dan tulisan yang filosofis—juga penuh dengan renungan filsafat yang membuat kita jadi berpikir tentang kehidupan—tapi cerita yang diusung Gaarder di buku ini sangat romantis lho. Tentang seorang Jan Olav, seorang mahasiswa kedokteran, yang terobsesi dengan seorang gadis yang setiap kali mereka bertemu (secara tak sengaja) pasti gadis itu selalu membawa sekantong jeruk. Obsesi Jan terhadap si ‘gadis jeruk’ inilah yang membuat kisahnya menjadi romantis.

2. Perahu Kertas, Dewi (Dee) Lestari

perahu-kertas

Novel ini bisa dibilang karya Dewi Lestari yang paling ringan dibandingkan buku-bukunya yang lain. Perahu kertas memang udah diangkat ke film, tapi sejujurnya, apa yang diceritakan di film sebenarnya kurang lengkap dan kurang romantis jika dibandingkan dengan kisah di bukunya. Baca sendiri deh kisah romantis antara Keenan dan Kugy di buku ini. Bisa bikin kalian baper. Lol.

3. The Notebook, Nicholas Sparks

the_notebook_cover

Novel ini juga sudah pernah diadaptasi ke film dengan judul yang sama. Tapi, novel ini sepertinya adalah yang paling banyak diadaptasi ke film dibandingkan novel atau buku (romantis) lainnya. Selain film The Notebook yang dibintangi Ryan Gosling dan Rachel McAdams, sebuah film Bollywood berjudul Zindagi Tere Naam juga dibuat berdasarkan novel ini. Cerita tentang Noah dan Allie di buku ini benar-benar romantis sampai-sampai menginspirasi banyak orang untuk memiliki love story yang sama indahnya dengan mereka.

4. Sepotong Senja Untuk Pacarku, Seno Gumira Ajidarma

sepotong-senja

Buku ini berisi kumpulan cerpen tentang senja namun sangat populer karena keromantisannya. Tentang kisah cinta Sukab yang mengirimkan sekerat senja dalam amplop untuk Alina, pujaan hatinya. Saking romantisnya tulisan-tulisan Seno di buku ini, katanya banyak cowok-cowok yang suka ‘mengutip’ potongan kalimat di buku ini untuk dikirimkan ke gebetan cewek yang ingin mereka tembak lho. :p

5. Eleanor & Park, Rainbow Rowell

eleanor-and-park

Buku ini menuturkan kisah antara Eleanor, seorang cewek 16 tahun berambut merah dan Park, cowok setengah Korea, yang juga sebaya dengan Eleanor. Kisah roman mereka mirip dengan cerita cinta remaja kebanyakan namun ada plot twist tidak terduga di dalamnya, dengan ending-nya yang juga menguras emosi. :p

 

Okay, Babes… dari kelima buku diatas, mana yang kira-kira sudah pernah kalian baca?

 

Foto-foto diambil dari Tumblr dan situs pencari.

499 total views, 5 views today