“Whatever our souls are made of, his and mine are the same.” — Emily Brontë

JODOH atau sering disebut dengan soulmate dalam Bahasa Inggris, bagi beberapa orang, kadang dianggap sebagai salah satu rahasia dan ‘jalan’ yang ditentukan oleh Tuhan. Nggak ada seorang pun atau apapun yang bisa menentukan jodoh seseorang di masa depan. Seperti istilahnya, soulmate alias “belahan jiwa” juga kerap dianggap sebagai seseorang yang cocok dan klop, yang jika sepasang jiwa ini bertemu maka mereka akan seperti dua kepingan yang menjelma menjadi satu. Itulah sebabnya ada kalimat romantis seperti, “You are my missing piece I’m looking for” kan?

Konsep jodoh ini juga bermacam-macam, masing-masing orang punya “tipe jodoh” yang berbeda-beda dan nggak sama dengan orang lain. Ada yang romantis dan sebaliknya ada juga yang enggak sama sekali. Bentuk ketemunya juga berbeda, ada yang dari temen jadi demen. Ada pula yang ketemu secara random dan langsung klop, dan seterusnya. Nah berikut adalah 5 tipe jodoh yang umumnya sering ditemui dalam hidup. Apa-apa saja?

 happy couple

 

Jodoh ala ‘wrecking ball’

Jodoh tipe ini umumnya hadir dalam hidup kamu dengan satu tujuan: menjungkir-balikkan segala yang selama ini kamu pegang dan percayai dalam hidup. Ia hadir dan segera mengubah cara pandang kamu terhadap sesuatu. Kamu tahu bahwa seseorang ini adalah jodohmu karena ia datang seperti badai topan. Efek kehadirannya sanggup mengubah visi dan bahkan mungkin tujuanmu dalam hidup. Karena kehadirannya yang dahsyat inilah kamu akhirnya merasakan sesuatu yang bergejolak dan berbeda dalam hatimu: cinta.

Namun seperti halnya badai, ketika seseorang ini pergi maka ia pun tidak akan meninggalkan apa-apa kecuali puing-puing dalam hatimu. Kamu akan merasa bahwa kamu telah menjadi seseorang yang berbeda selama atau setelah menjalani hubungan dengan tipe ini.

 

Jodoh dari cinta masa lalu

Tipe jodoh ini bisa merupakan cinta pertamamu, atau bahkan affair alias seseorang yang kamu jatuh cinta pada saat kamu justru telah menjalani hubungan dengan orang lain. Jenis hubungan seperti ini umumnya tumbuh semakin kuat dan menjadi signifikan seiring berjalannya waktu. Dan karena orang yang menjalani hubungan tipe ini biasanya telah memelajari karakter masing-masing satu sama lain, maka hubungan ini umumnya tidak akan menghilang dalam waktu dekat.

 

Jodoh dari sahabat

Ini yang cukup sering terjadi pada kebanyakan pasangan di dunia. Jodoh tipe ini sebetulnya tidak (pernah) jauh-jauh. Ia bisa berasal dari sahabat masa kecil, teman baik yang sudah lama bersahabat akrab, dan seterusnya. Dari sahabat akhirnya cinta.

jodoh

Efek positifnya dari jodoh tipe ini adalah kamu tidak perlu lagi mencari tahu tentang karakter dan kepribadiannya karena kamu sudah mengenalnya dengan sangat baik. Dan juga sebaliknya, dia juga telah mengenal karaktermu dengan baik dan kalian tidak perlu merasa harus jaga image lagi satu sama lain. Persahabatan yang terjalin selama bertahun-tahun seringkali telah menjadi garansi bahwa kalian pun bisa menjalin hubungan yang teruji waktu.

 

Jodoh yang datang secara tiba-tiba

Sederhananya, jodoh ini umumnya adalah stranger, alias orang asing, yang kamu temui dalam perjalanan entah di pesawat, bus, atau di tempat manapun yang tidak direncanakan. Pada saat bertemu dengan stranger ini, kamu langsung merasa click, cocok dan seolah-olah kamu merasa sangat familiar dengan orang ini atau pernah bertemu dengannya meski kamu tidak tahu dimana. Jika kamu adalah tipe yang percaya terhadap “kehidupan sebelumnya”, bisa saja seseorang ini merupakan jodoh atau orang yang juga pernah kamu temui di kehidupan masa lalu itu.

Tapi, konsep jodoh seperti ini akan terkonfirmasi jika dia –sang stranger– ini pun merasakan hal yang sama dengan kamu. Dia juga merasa bahwa dia pernah ketemu denganmu, atau merasa telah kenal denganmu, padahal kalian sama sekali belum pernah ketemu. Lalu kalian langsung nyambung satu sama lain. Ingat Babes, konsep soulmate itu mencakup dua orang, bukan hanya satu saja. Jadi konsep seperti ini pun ireal jika dua orang benar-benar merasakan hal yang sama.

 

Jodoh dengan cinta ilahi

Tipe jodoh ini secara khusus adalah satu-satunya istilah yang dipakai orang untuk benar-benar mendeskripsikan sebuah konsep tentang “belahan jiwa”. Jodoh ini adalah seseorang yang melewati persimpangan hidupmu dan bertemu denganmu dalam waktu dan cara yang tepat. Istilah lain? Kalian benar-benar ditakdirkan untuk hidup dan menghabiskan hidup bersama.

growing old
Jodoh seperti ini biasanya bertahan sampai selamanya.

Jodoh ini juga merupakan kulminasi dari tipe-tipe sebelumnya. Ia adalah seseorang yang click dengan jiwamu, kalian seolah telah saling mengenal satu sama lain dalam waktu yang lama, hubungan kalian juga didasari oleh persahabatan dan cinta yang tulus. Dan kesimpulannya tentu saja: ia (dan kamu bagi dia) adalah keajaiban cinta yang tidak pernah kalian alami sebelumnya.

 

Demikianlah kelima jodoh yang sering ditemukan dalam hidup. Yang udah ketemu jodohnya, kira-kira kamu tipe yang mana?

 

Foto-foto diambil dari GettyImages, giphy dan situs pencari