Cemburu adalah bumbu tapi kalau tidak tepat bisa jadi racun.

BOLEH-boleh saja menyemburui pasangan, itu tandanya kamu sayang dan tak ingin ada yang mencurinya. Tapi kalau berlebihan alias cemburu buta hubungan bisa jadi tidak sehat. Nah, biar cemburu kamu terkendali dengan kadar yang tepat simak nih tips mengatasi cemburu biar gak terlanjur buta.

1. Kendalikan dulu stres yang dirasakan. Stres dan kegelisahan yang membuat rasa cemburu meledak-ledak. Olahraga, meditasi dan makan sehat dapat membantu mengatasinya.

2. Speak up. Jika cemburu membuat marah cara terbaik adalah untuk mengekspresikannya ke sang pasangan. Jika diam saja, perasaan tersebut akan semakin meluap dan menjaditoxic. Tetap tenang dan dengarkan juga penjelasan si dia.

3. Minta si dia untuk meyakinkan dan menenangkan hatimu. Penjelasan dan konfirmasi dari pasangan akan membuat kamu merasa lebih baik, namun jangan memaksanya atau memohon sambil menangis. Bicarakan baik-baik, dan ia pun akan menenangkanmu dengan senang hati.

4. Atasi kegelisahan sendiri dan singkirkan rasa cemburu dengan:
Jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Pikirkan kembali dan Pertanyakan pikiran-pikiran negatif dipikiranmu apakah akan membantu mengatasi cemburu? Dan ingat bahwa kamu pantas menerima kasih sayang dari diri sendiri.

5. Jika kamu seringkali harus meminta penjelasan darinya, pikirkan kembali kesehatan hubungan asmara kalian. Jika lebih banyak cemburu dan mengakibatkan amarah dan emosi padahal sudah melakukan 4 hal diatas artinya hubugan asmara sedang tidak sehat.

Jadi jangan biarkan cemburu buta menguasai hati, Babes. Tunjukan kecemburuanmu tapi dengan cara yang elegan dan berwibawa. Pasanganpun tentunya akan merasa dihargai dan makin cinta.

Foto utama diambil dari GettyImages, foto lainnya dari giphy dan situs pencari.