Punya jabatan tinggi tapi nggak bisa mencuri perhatian orang lain atau memengaruhi orang lain? Apa yang harus dilakukan?

BAIK punya jabatan tinggi maupun tidak, kebolehan dalam memersuasi perlu diasah untuk meningkatkan dan mempertahankan karier. Sayangnya, kemampuan memengaruhi tersebut tidak bisa didapatkan dengan mudah. Selain perlu banyak ilmu dan pengalaman, diperlukan pula gaya komunikasi yang tepat.

Berikut lima cara rekomendasi CUVIOUS agar bisa jadi orang yang berpengaruh di tempat kerja.

1. Terus perbarui skill dan kemampuanmu

Agar bisa memersuasi tentu perlu dipercaya. Untuk itu, terus perbarui ilmu dan kemampuan agar tidak ketinggalan informasi. Dianjurkan sering membaca atau menonton terutama tentang hal-hal terkait karier. Tak ada salahnya pula untuk mencari pengetahuan di luar industri kerja agar wawasan semakin luas.

2. Motivasi dirimu agar bisa menjadi ‘pengaruh’

Kamu perlu memotivasi diri untuk melakukan hal-hal yang patut diikuti orang. Hal ini memang butuh usaha ekstra, terutama untuk yang belum punya posisi tinggi di perusahaan. Ingat, karier tidak semata-semata mengenai kerja keras dan kemampuan saja. Siapa yang bisa berkompetisi dan berstrategi dengan baik punya kesempatan meningkatkan karier lebih cepat.

3. Kalau bisa, pecahkanlah masalah-masalah penting

Jika ingin dianggap berpengaruh dan penting, kamu juga harus bisa memecahkan masalah-masalah besar. Hal ini mungkin sulit bagi yang belum menjadi pemimpin atau punya posisi tinggi. Namun tetap bisa mengusahakannya dengan membantu para atasan mengatasi problema penting di perusahaan.

4. Tunjukkan kemampuanmu kepada orang Lain

Bila orang-orang sekitar tidak tahu kemampuan kamu, mereka tidak akan mudah dipengaruhi. Untuk itu, ada baiknya untuk menginformasikan prestasi kepada mereka. Apalagi menurut penelitian, seorang wanita akan lebih mudah dipromosikan ketika didukung teman-teman daripada promosi diri sendiri. Tapi ingat untuk menerapkan cara-cara yang anggun dan tidak terkesan pamer yang berlebihan.

5. Ubah cara komunikasi

Kamu perlu menerapkan gaya komunikasi yang tepat. Dilansir Business Insider, sebaiknya harus bisa mengaplikasikan gaya komunikasi maskulin dan feminin, tergantung kebutuhan. Misalnya bersikaplah hangat, lembut, dan penyayang ketika membantu teman mengatasi permasalahannya. Namun jadilah orang yang lebih agresif, menuntut, dan kompetitif saat bekerja.

Oh ya, jangan lupa dapatkan juga kepercayaan rekan-rekan sekantor setelah melakukan kelima cara di atas. Bisa memengaruhi orang lain di tempat kerja dalam hal positif tentunya akan memberikan hasil kerja yang lebih baik. Semangat bekerja akan tumbuh, prestasi pun akan mudah diraih.

That’s all Babes. Semoga tipsnya membantu, ya. Cheers to good vibes.