Permasalahan ini sering ditemui di kejadian sehari-hari. Apakah kamu termasuk salah satu yang pernah mengalaminya?

PERNAH dengar istilah cakey face, atau cakey makeup? Kalau kamu belum pernah mendengar istilah ini, seenggaknya kamu pasti pernah melihat cewek-cewek, atau bahkan selebritas terkenal sekalipun, yang mengalami cakey face.

Buat yang belum tau, cakey face adalah kondisi wajah dimana pulasan makeup yang dikenakan terlihat sangat tebal, terutama foundation yang terlihat menggumpal—seperti tepung adonan waktu lagi membuat kue, Babes. That’s why, diistilahkan jadi cakey, ya.

Biasanya, cakey face terjadi pada saat kamu mengenakan produk makeup yang terlalu banyak pada kulit wajah sehingga tekstur kulit wajahmu juga kelihatan lebih tebal. Dan umumnya juga, cakey makeup ini pun jadi ikut menonjolkan jerawat dan garis-garis wajah sehingga membuat kamu jadi terlihat lebih tua dari usia yang sesungguhnya. So, cakey face sebisanya mesti dihindari, setiap saat.

Tapi buat yang punya jenis kulit berminyak, atau oily combination, menggunakan makeup seringkali justru jadi berisiko untuk menimbulkan cakey face. Nah kalau kamu punya permasalahan demikian, tenang aja. Tips berikut ini sangat berguna buat kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, atau oily combination skin—nggak jauh beda sama CUVIOUS sih sebenarnya. :p

Katy Perry adalah salah satu seleb yang paling sering mengalami cakey face.
Katy Perry adalah salah satu seleb yang paling sering mengalami cakey face.

Bagaimana saja cara menghindari cakey face untuk kulit berminyak? Here we go:

1. Aplikasikan face primer

Kamu harus selalu memakai face primer. Kenapa face primer itu penting? Karena produk ini akan membantu “menghaluskan” complexion yang dimiliki kulit wajah kamu. Pori-pori kamu akan keliatan lebih halus dan smooth, jadi pada saat mengaplikasikan foundation, kamu nggak perlu mengaplikasikan foundation banyak-banyak lagi. Jadi langkah pertama ini sangat penting, Babes.

2. Gunakan thin-coverage foundation

Langkah kedua, CUVIOUS rekomendasikan kamu mengaplikasikan foundation yang konsistensinya lebih tipis. Sebisanya, pilih produk yang mengandung banyak air dan bahan-bahan natural.

3. Pakai concealer

Langkah berikutnya setelah mengaplikasikan foundation adalah mengenakan concealer. Sebaiknya pakai concealer untuk menutupi bekas jerawat, atau masalah kulit wajah kamu yang lain.

4. Invisible setting powder

Langkah berikutnya, aplikasikan setting powder yang invisible alias yang nggak ada warnanya agar tidak memberi corak berlainan pada wajah kamu. Sebaiknya kamu mengaplikasikan setting powder ini dengan sponge, karena kalau kamu pakai face powder maka biasanya itu akan “mengambil terlalu banyak” powder sehingga membuat wajah kamu jadi terlihat cakey. Sebaiknya kamu mengaplikasikan produk ini hanya di daerah wajah yang berminyak, atau di daerah oily T-zone wajah kamu aja.

5. Makeup setting spray

Kalo rekomendasi dari CUVIOUS adalah Urban Decay setting spray karena cocok sekali untuk kulit oily combination. Urban Decay punya beberapa tipe setting spray, jadi sebaiknya sila tanya mba beauty consultant-nya saja mana yang cocok untuk tipe kulit kamu, ya. Btw, setting spray berguna untuk blending alias menyatukan semua komposisi makeup dan powder kamu sehingga wajah kamu pun jadi kelihatan lebih natural, juga membuat makeup lebih bertahan lama. Cocok sekali jika kamu ada event di luar seharian penuh.

Untuk lebih lengkap dan jelasnya, kamu bisa simak dari vlog CUVIOUS berikut ini:

That’s all. Jika ada pertanyaan, silakan isi pertanyaan kamu di kolom komentar, ya. Cheers to good vibes!

Foto utama dari fashion hr, foto lainnya dari youclub(dot)info.