Selamat datang di dunia karier yang sebenarnya Babes! Buat kamu para millennials supaya wawancaramu sukses dan nggak wasting time perhatikan 5 hal ini ya…

GUGUP saat melakukan wawancara pertama? Wajar kaleeee!! Jangankan wawancara pertama, wawancara kesepuluh kalinya pun bukan jaminan kalau nggak ada rasa gugup di dalam hati #eaaaa…

Sebagai fresh graduate, jangan langsung berkecil hati kalau user akan menganggap kecil kamu. Berikut adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan sehari sebelum wawancara ya..

1. Statusmu Sebagai Millennials Memberimu Poin Lebih

Kamu masih “segar” dan memiliki semangat untuk bekerja. Semangat kebaruan semacam ini disenangi oleh perusahaan karena kamu masih bisa dibentuk. Tidak seperti orang-orang lama yang sudah mengarungi beberapa perusahaan. Biasanya orang-orang lama ini membawa sedikit idealisme dari perusahaan-perusahaan lama. Makanya dalam beberapa situasi perusahaan mikir-mikir dulu untuk merekrut pekerja berpengalaman.

photo source: http://www.wespire.com

 

 

2. Sesuaikan Penampilanmu dengan Perusahaan yang Kamu Lamar

Aturan mengenai penampilan untuk fresh graduate adalah jangan terlihat seperti anak baru sekali. Misalnya pakaian yang sangat rapi khas freh graduate—kemeja putih, celana hitam atau terkesan seperti mau hang out. Makanya cari tahu dulu dong budaya perusahaannya seperti apa, jadi kamu bisa menyesuaikan penampilan. Usahakan berpenampilan layaknya kamu mau bekerja bukan untuk wawancara.

photo source: amazonaws.com

 

 

3. Ceritakan Pengalaman Sosialmu

Siapa bilang fresh graduate itu tanpa pengalaman? Kalau kamu aktif berorganisasi saat kuliah, belum lagi magang-magang yang kamu lakukan, itu udah termasuk pengalaman lho! Pastinya, bisa menjadi nilai plus saat wawancara. Walaupun baru tamat kuliah, seenggaknya kamu punya bekal pengalaman berorganisasi yang menunjukkan keluwesan dalam bekerja. Ini bisa kamu “jual” ke perusahaan saat wawancara.

photo source: entrepreneur.com

 

 

4. Percaya Diri Itu Penting

Jangan merasa kecil sebagai fresh graduate, apalagi ketika kamu melihat saingan bukan hanya anak baru saja tetapi orang-orang yang sudah mengecap pengalaman bekerja. Attitude yang baik adalah nilai plus tambahan rasa percaya diri yang tinggi.

photo source: www.engageandprosper.com

 

5. Nggak Usah Lebay Saat Menceritakan Kemampuan…

Terlalu banyak berjanji hanya akan membuat kamu terkesan sebagai pengobral janji. Katakan saja secara ringkas, jelas dan padat kalau kamu akan berusaha keras untuk memberikan kontribusi terbaik buat perusahaan.

photo source: www.engageandprosper.com

 

Cheers to good vibes!