Sifat malas itu menular, Babes. Sebelum kamu tertular lakukan cara ini agar bebas dari rekan kerja yang malas.

DI MANAPUN sikap malas merugikan banyak pihak. Hampir di semua perusahaan ada saja karyawan yang memiliki sifat malas. Jika ini terjadi tentunya sangat tidak menyenangkan. Untuk menghindari suasana kerja yang tidak nyaman ada 6 cara menghadapi kolega kerja yang memiliki sifat pemalas.

1. Menegur

Gunakan bahasa yang sopan dan lembut tapi jangan bernada menasehati. Tegur/bicara seperti biasa agar ia tidak tersinggung. Hal ini bail untuk dirinya dan perusahaan agar tidak memperburuk produtivitas.

2. Jangan bantu pekerjaannya

Jika ia malas mengerjakan pekerjaannya, sebaiknya biarkan ia menyelesaikan pekerjaan dan tanggung jawabnya. Semakin sering kamu membantunya akan semakin membuatnya malas.

Pernah ketemu teman kerja yang begini, atau kamu sendiri yang begini? :p

3. Jangan sering mengobrol dengannya

Biasanya rekan kerja yang malas paling suka diajak ngobrol dan membahas hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan. Oleh karena itu kamu tak perlu sering-sering ngobrol . Jika kamu cuek dan ia tak memiliki teman ngobrol tentu ia tak memiliki aktivitas lain selain menyelesaikan pekerjaannya

4. Jangan ikut-ikut jadi malas

Sebagai rekan kerja yang baik, jangan sampai kamu ikut-ikutan mala. Justru kamu harus jadi contoh sebagai karyawan yang rajin dan disiplin. Dengan begitu ia juga akan termotivasi untuk meniru apa yang kamu lakukan.

5. Beri ia motivasi

Bia jadi rekan kerja kamu malas karena tidak ada dorongan motivai dari bos di kantor. Sebagai teman yang baik kamu bisa memberinya motivasi serta dukungan agar tidak jadi pemalas lagi. Dengan cara mengatakan bahwa malas hanya akan merugikan dirinya sendiri itu sudah cukup membantu.

6. Lapor pada atasan

Jika sikap malas rekan kerja kamu sudah tak bisa ditolerir lagi, kamu berhak melaporkannya pada atasan di kantor. Asalkan, kamu bisa menyertakan bukti bahwa rekan kerja kamu itu adalah pemalas, agar tak dicap mengada-ada oleh si bos.

Nah, jika selama ini kamu hanya diam dan bingung menghadapi kemalasan rekan kerja, mulai sekarang setelah memnbaca tips dari CUVIOUS ini, kamu tau harus bagaimana menghadapi rekan kerja yang malas. Lakukan dengan baik dan niat yang tulus demi kebaikan bersama.

Foto-foto diambil dari Pinterest dan giphy.