Buat kamu yang senang bermain-main dengan warna apalagi sampai mengaplikasikannya ke rambut jangan sampai kesenanganmu jadi terganggu karena takut rambut akan rusak.

BERIKUT adalah tips yang nggak boleh dilewatkan kalau kamu memiliki rambut berwarna….

1. Meminyaki Rambut Dua Bulan Sebelum Pewarnaan

Untuk mempersiapkan rambutmu dari proses pewarnaan, langkah yang harus dilakukan adalah dengan meminyakinya rutin dua bulan sebelum pewarnaan. Dan sehari sebelum pewarnaan dilakukan, kamu wajib mengoleskan minyak kelapa supaya akar dan batang rambut nggak terganggu saat proses pewarnaan berlangsung.

photo source: quora

 

 

2. Mencuci Rambut 2-3 Kali Seminggu Saja

Untuk mempertahankan warna rambut, jangan terlalu sering mencuci rambut dengan shampo. Idealnya 2-3 kali seminggu saja. Terutama untuk kamu yang mewarnai rambutmu dengan warna merah. Warna merah sayangnya tidak begitu lama bertahan di rambut.

photo source: india.com

 

 

3. Jangan Keramas dengan Air Panas

Yup! Temperatur air yang terlalu panas bukan hanya merusak batang rambut tetapi juga membuat warna rambut cepat luntur. Kalaupun kamu ingin mandi dengan air hangat, upayakan rambut dikeramasin dengan air dengan suhu normal.

photo source: gwchaia.com

 

 

4. Gunakan Conditioner Untuk “Mencuci” Rambutmu

Sebenarnya sih, shampo lebih cepat dan banyak memudarkan warna rambut jadi sebaiknya kamu mencuci rambut dengan conditioner aja, supaya warna rambut lebih awet.

photo source: goodhousekeeping.

 

 

5. Kalaupun Menggunakan Shampo, Gunakan Khusus Rambut Berwarna

Sudah bisa dipastikan ingredients shampo untuk rambut berwarna dan tidak berwarna berbeda. Jadi, buat kamu yang mewarnai rambut gunakan shampo untuk rambut berwarna supaya warna rambutmu terlindungi dan awet. Oh, ya hindari shampo yang mengandung sulfat ya, nggak bagus untuk rambut berwarna dan gunakan produk pelembab rambut dengan SPF 10 sampai 15 kalau kamu bakal beraktivitas di terik matahari.

photo source: pinterest.

 

 

6. Masker Rambut Secara Rutin

Alpukat, minyak kelapa dan madu adalah kombinasi yang simple untuk menjaga kelembaban alami rambut kamu. Biarkan campuran ini menyerap selama 30 menit lalu bersihkan. Tadaaa…akar rambut jadi kuat dan pewarna rambut tetap menempel di rambut.

photo source: allthingshair.com

 

Selamat mencoba dan jangan terlalu cepat putus asa dengan rambut berwarnamu ya, Babes πŸ™‚

 

 

Cheers to good vibes!