Jangan sampai gara-gara kesalahan sepele kulit kamu justru makin meradang.

EKSFOLIASI alias proses pengangkatan sel-sel kulit mati pada kulit (wajah) memang bagus untuk merawat kulit, ya Babes. Pengangkatan sel-sel kulit mati ini bahkan juga salah satu perawatan penting yang hrus kita lakukan untuk menjaga kulit kita tetap sehat dan kinclong.

Kalau dilakukan dengan benar, proses eksfoliasi ini emang bisa membuat kulit kita wow. Tapi kalau salah, ini nih yang ‘berbahaya’. Bisa bikin kulit meradang dan kadang juga infeksi. Nggak banget. Nah sebelum semua yang nggak diinginkan itu terjadi, coba deh simak beberapa kesalahan yang umum dilakukan pada saat proses eksfoliasi berikut ini.

1. Mengeksfoliasi tanpa menggunakan air

Selalu pastikan kalo kulit wajah kamu sudah dalam keadaan basah (atau dibasahi dengan air terlebih dahulu) sebelum mengaplikasikan scrub untuk eksfoliasi. Jadi jangan pernah menggunakan scrub langsung ke kulit kamu. Air pada proses ini berfungsi seperti pelumas yang membantu proses scrubbing menjadi lebih mudah. Karena proses scrubbing yang kering bisa membuat cukup banyak gesekan pada kulit sehingga kadang akibatnya justru berbahaya untuk kulit kamu.

Selalu basahi kulit kamu dulu, sebelum mengaplikasikan scrub.

Selalu basahi kulit kamu dulu, sebelum mengaplikasikan scrub.

2. Melakukan eksfoliasi pada kulit yang belum dibersihkan

Kadang, banyak yang salah kaprah tentang proses ini juga nih. Berpikir bahwa eksfoliasi bisa mengangkat semua sisa-sisa kotoran seketika dengan langsung dan sekaligus. Begh. Penting untuk diketahui bahwa proses eksfoliasi, atau pengelupasan sel-sel kulit mati, ini justru bisa bekerja maksimal jika kulit kamu sudah dibersihkan terlebih dahulu. Jika kulitmu belum bersih dan misalnya masih terdapat kotoran debu atau sisa-sisa make-up, maka proses exfoliasi justru akan menutup pori-pori kamu dan malah menghambat scrub/exfoliator, bukan malah membersihkannya. Lagipula, eksfoliasi kan artinya mengangkat sel kulit mati, bukan sisa-sisa make-up, ‘kan? :p

3. Memilih produk yang salah

Ada banyak scrub/produk exfoliator yang dijual di pasaran. Tapi sejujurnya nggak semua produk yang dijual itu juga aman. Karenanya, pastikan bahwa produk yang kamu beli adalah yang memiliki kandungan alami dan aman buat kulit kamu. Sebaiknya pakai scrub ringan yang sifat abrasive pada kandungannya juga ringan. Scrub yang lembut hampir selalu adalah pilihan sempurna untuk kulit wajah.

Jangan sampai memilih produk untuk scrubbing yang salah, ya.

Jangan sampai memilih produk untuk scrubbing yang salah, ya.

4. Terlalu banyak scrubbing

Semakin banyak kamu melakukan proses scrubbing bukan berarti kulit kamu semakin bagus pula. Sekali lagi yang perlu kamu inget, esensi scrubbing alias exfoliasi itu adalah mengangkat sel-sel kulit mati. Jadi kamu perlu memberi kesempatan pada kulitmu juga untuk meregenerasi. Memakai scrub setiap hari sangat tidak disarankan. Sebaiknya, batasi kegiatan scrubbing hanya 1 atau 2 kali seminggu saja.

5. Mengeksfoliasi pada saat kulit lagi ‘stress’

Jangan melakukan scrubbing jika kulitmu lagi iritasi atau nggak lagi dalam kondisi baik. Adalah hal yang kurang bagus jika kamu scrubbing ketika kulit justru tidak berada pada kondisi sehatnya. Jika kulitmu sedang dalam keadaan ini, sebaiknya biarkan dulu agar kulit bisa istirahat dan pulih sepenuhnya. Menggunakan scrub pada saat kulit lagi rentan atau sensitif malah bisa membuat masalah kulit kamu semakin parah.

6. Teknik yang salah

Selalu lakukan scrubbing dengan gerakan lembut, apalagi pada saat melakukan scrubbing pada kulit wajah. Keluarkan sedikit scrub pada jari kamu, pijat lembut dengan gerakan memutar. Lakukan gerakan ini selama 15-20 detik dan jangan berpindah ke area yang lain sebelum fase ini selesai. Sebaliknya, memijat dengan gerakan yang agak kencang bukan akan membuat kulit kamu sehat tapi malah bisa berisiko merusak kulit dan membuatnya jadi nggak lembut.

eksfoliasi-kulit

Pijat kulit dengan lembut saat scrubbing kulit wajah.

7. Tidak memakai pelembab setelah eksfoliasi

Kulit yang sudah dibersihkan dari sel-sel mati perlu dirawat dengan cara dilembabkan agar kulit bisa kembali berregenerasi dengan maksimal. Maka dari itu, menggunakan pelembab setelah kamu scrubbing termasuk proses yang penting, karena proses ini juga berarti membantu merawat pori-pori kamu. Karena proses scrubbing umumnya bisa membuat kulit menjadi kering. Proses moisturizing, dengan memakai pelembab, adalah langkah berikutnya yang penting dilakukan setelah scrubbing.

 

Begitulah kesalahan-kesalahan yang terjadi pada saat scrubbing atau proses eksfoliasi. Semoga bisa membantu kamu menghindari risiko kesalahan pada saat melakukan scrubbing, ya.

 

Foto-foto diambil dari notey(dot)com, bbeautilicious(dot)com dan situs pencari.

1,974 total views, 1 views today