Kadang jerawat adalah sinyal yang memberi tahu apa yang sedang terjadi pada tubuh kamu.

JERAWAT seringkali jadi momok buat kebanyakan cewek. Saking dirasa begitu mengancamnya, nggak jarang cewek-cewek jadi rela melakukan apa aja untuk menghilangkan jerawat. Padahal tau nggak, Babes, kalo jerawat itu kadang adalah petunjuk bahwa ada sesuatu yang lagi nggak beres dengan sistem tubuh kamu. Apa-apa aja? Nih simak.

1. Kamu kurang tidur

Ini bener banget nih. Soalnya Cuvious sendiri ngerasain kalo abis begadang atau jika jam tidur kurang dari biasanya, besoknya jerawat udah langsung nongol di wajah tanpa diundang. Kzl. Jam tidur yang baik emang nggak bisa ditawar, Babes. Mutlak untuk semua orang yang pengin terlihat segar di keesokan hari. Menurut banyak ahli, durasi ideal untuk tidur malem biasanya adalah 8-9 jam, jadi pastikan kamu punya jam tidur yang baik dan make sure semua layar yang ada di hadapan kamu—termasuk layar ponsel—udah dimatikan jika saatnya tidur malem.

2. Kamu lagi stress

Jika kamu udah duluan punya masalah kulit, maka stress akan menjadi pemicu tambahan yang membuat kulitmu semakin rentan. yang pada akhirnya bisa menimbulkan jerawat. Sebuah penelitian terhadap sekelompok siswa menemukan bahwa banyak para siswa itu umumnya yang mengalami masalah jerawatan di masa-masa menjelang ujian akhir ketimbang mendekati liburan. Jika kalian termasuk ke dalam golongan ini juga, sebaiknya atur ulang jadwal kalian biar lebih rileks dan kalian nggak stress, ya.

stress

3. Kamu dehidrasi

Mungkin kamu udah sering mendengarkan ini, tapi emang begitulah kenyataannya. Dehidrasi bisa membuat kulit kamu menjadi kering dan kasar, lalu menyebabkan kulitmu memproduksi minyak secara berlebihan dan menambah lapisan kulit mati dan menyumbat pori-pori. Jerawat yang disebabkan karena dehidrasi ini biasanya muncul di bagian dahi atau di sekitar telinga. Jadi kalo kamu menemukan jerawatmu timbul di area ini maka ini tandanya untuk mengonsumsi H20 dan menghindari minuman yang bisa bikin dehidrasi seperti kafein dan alkohol.

4. Hormon kamu lagi nggak seimbang

Nah biasanya ini terjadi pada saat-saat menjelang dateng bulan nih. Tapi untuk sebagian cewek, jerawat yang berhubungan dengan hormon mereka kadang suka datang lebih dari sekali sebulan. Kalo udah gini, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kulit kamu agar segera ditangani, ya.

pms

5. Sistem pencernaan kamu agak bermasalah

Banyak dermatologist yang mengatakan bahwa ada korelasi antara pencernaan dan jerawat yang muncul. Jika jerawat kamu muncul di area seperti dahi, sela antara alis atau rahang, maka ini adalah salah satu penyebabnya. Kurangi makanan berlemak dan memperbanyak makan makanan berserat adalah salah satu solusinya.

6. Kamu nggak membersihkan barang-barangmu dengan baik

Coba hitung deh, udah berapa kali kamu menyapukan alat-alat makeup kamu ke kulit tanpa menggantinya dengan yang baru? Atau udah berapa kali kamu telah ‘menyentuhkan’ ponsel ke kulit wajahmu dalam sehari? Atau misalnya kamu baru saja menyentuh benda lain—yang belum tentu higienis—dan setelahnya langsung menyentuh kulit kamu. Hal-hal remeh seperti ini kadang termasuk salah satu penyebab jerawat karena benda-benda tadi, tanpa disadari, juga mengandung bakteria yang bisa menyebabkan jerawat. Karenanya, sebaiknya selalu siapkan sanitizer juga di dalam tas kamu.

7. Alat-alat olahraga/gym kamu mungkin tidak higienis

Sering nemu jerawat di bahu atau di punggung kamu? Kalo iya, coba deh perhatiin lagi kebiasaan kamu sehabis olahraga. Kalo abis keringetan, baju kamu yang dipake untuk olahraga tadi langsung diganti nggak, atau dibiarin sampe kering lagi? Lol. Kalo kamu masuk ke kategori terakhir, duh saatnya kamu lebih perhatian lagi dong Babes sama kulitmu. Kulit yang nggak segera dibersihkan setelah keringetan kadang bisa memicu jerawat juga lho. 😉

 

Itulah tadi 7 penyebab kenapa seseorang bisa jerawatan. Karena udah tau apa sebabnya, setidaknya kamu juga udah tau gimana mencegahnya, ‘kan?

Selamat merawat kulit cantik, ladies..

 

Semua foto diambil dari situs pencari.

994 total views, 2 views today