Menjadi dokter…? Tentu semua orang menginginkannya. Selain mendapat penghargaan tersendiri di mata masyarakat, profesi dokter juga menjanjikan pemasukan yang aduhai.

Tapi, sebanding dengan hasil yang diperoleh, perjuangan untuk mendapatkan gelar dokter juga tidak bisa dianggap enteng. Selain banyaknya biaya yang dikeluarkan untuk kuliah dan praktik co-ass, berbagai permasalahan yang sering melingkupi dunia kedokteran harus dihadapi. Apa saja berbagai permasalahan yang hanya dimengerti oleh murid ilmu kedokteran itu? Simak informasi berikut yuk.

1. Adanya Risiko Medik

via Quickmeme.com

via Quickmeme.com

Setiap pengobatan dilakukan, pasti akan ada risiko medik yang melekat pada pasien. Risiko medik adalah dampak dari pengobatan itu sendiri, mulai dari teringan seperti gatal-gatal hingga terberat berupa kematian. Jadi, meskipun sudah berjalan sesuai SOP (suatu standar/pedoman tertulis yang dipergunakan untuk mendorong dan menggerakkan suatu kelompok untuk mencapai tujuan organisasi), seorang dokter tetap memiliki risiko medik yang harus dihadapi. Oleh karena itu, ketelitian dan kehati-hatian saat memberikan advise atau melakukan pengobatan kepada pasien harus diutamakan.

2. Dugaan Malapraktik

46b2b5d165426414cb12685432a5b93d43000b3020df3c8b8f3e8f87262b0fb6

via Memegenerator.net

Saat ini, dugaan malapraktik banyak  melingkupi dunia kedokteran. Ketika pasien mengalami efek samping dari sebuah pengobatan, langsung menyebutnya malapraktik. Padahal, perlu diketahui bahwa malapraktik hanya terjadi jika sang dokter melakukan pengobatan tidak sesuai dengan SOP.

3. Dugaan “Main Mata”

via Pinterest.com

via Pinterest.com

Sudah bukan berita baru jika ada dugaan “main mata” antara dokter dengan perusahaan obat. Pada umumnya, seorang dokter memberikan resep obat yang harus ditebus. Padahal, yang sebenarnya terjadi, kode etik kedokteran melarang seorang dokter untuk menganjurkan pasien membeli obat tertentu yang kemudian sang dokter mendapatkan komisi dari perusahaan obat tersebut. 

4. Mahalnya Pendidikan Kedokteran

via Quickmeme.com

via Quickmeme.com

Saat ini, untuk mendapatkan gelar dokter, terutama spesialis, biaya yang harus dikeluarkan tidak sedikit. Sebenarnya, hal itu bisa dimaklumi, karena peralatan praktik yang digunakan juga mahal. Para murid ilmu kedokteran pasti tahu itu. Namun, hal ini bisa berdampak pada biaya pemeriksaan pasien yang juga akan meningkat.

5. Lamanya Jangka Pendidikan Kedokteran

via Pinterest.com

via Memegenerato.net

Selain sering begadang dan menghafal istilah kedokteran, calon dokter muda juga harus belajar paling cepat 5 tahun sebelum bisa praktek pada pasien langsung, kecuali untuk dokter gigi atau dokter kecantikan.

6. Mahalnya Harga Obat

Via Imgur.com

Via Imgur.com

Mahalnya harga obat memang banyak dikeluhkan oleh pasien. Namun, pihak dokter tidak bisa berbuat apa-apa jika memang bahan dari obat itu sendiri juga mahal.

7. Kelancaran Penyediaan Obat

via Tumblr.com

via Tumblr.com

Kelancaran penyediaan obat juga bisa menjadi kendala di dunia medis. Saat obat yang harus selalu tersedia kehabisan stok, dokter atau rumah sakit yang menaunginya berusaha untuk tetap menyediakan obat tersebut, mengingat pasien biasanya nggak mau tahu tentang hal itu, yang terpenting mendapat obat dan sehat.

8. Pentingnya Praktik Co-Ass

via Quickmeme.com

via Quickmeme.com

Co-ass memang menjadi syarat bisa mempunyai gelar dokter. Satu sisi, co-ass digunakan agar calon dokter bisa lebih mumpuni sebelum praktik yang sebenarnya. Namun, di sisi lain, kegiatan ini akan mengeluarkan banyak biaya.

Meskipun ada banyak problem yang dialami dokter, menyembuhkan orang sakit adalah pekerjaan yang sangat mulia. Maka dari itu, untuk kamu yang ingin belajar kedokteran atau seorang calon dokter, Cuvious salut sama kamu! :)

Cheers to good vibes XOXO

Setiap hari Cuvious memuat artikel kecantikan seperti ini. Stay updated dengan like Facebook kami disini

 

2,431 total views, 2 views today