Kebanyakan orang menduga profesi makeup artis adalah pekerjaan yang mudah dan tidak memakan banyak waktu. Pekerjaan ini juga terlihat menyenangkan tanpa problem berarti. Apalagi bila sedang kebanjiran job, pundi-pundi uang siap masuk rekening tabungan. Beberapa hal tersebut menjadi keuntungan atau poin kebahagiaan menjadi makeup artis. Namun, tunggu dulu. Selain suka ada pula duka yang tak jarang menjadi problematika. Adapun berikut ini diberikan 8 problem yang dialami semua makeup artis:

1. Tidak Memiliki Hari Libur Pasti

via Giphy.com

via Giphy.com

Tidak memiliki hari libur yang pasti menjadi salah satu problem yang dihadapi para makeup artis. Malah seringkali mereka harus bekerja di akhir pekan dan bahkan di hari libur. Karena itulah, biasanya makeup artis sulit mengatur jadwal libur panjang untuk bersantai.

2. Berangkat Teramat Pagi

via Giphy.com

via Giphy.com

Makeup artis mesti rela berangkat pagi-pagi sekali, bahkan sebelum matahari terbit. Apalagi bila harus merias klien dengan agenda di pagi hari. Bisa jadi para makeup artis berangkat lebih awal dibanding penjual sayuran di pasar.

3. Mesti Siap Pergi Kemana Saja

via Tumblr.com

via Tumblr.com

Untuk menjalankan tugasnya, makeup artis tidak sebatas bekerja di “kantor” pribadi. Lokasi kerja cenderung berpindah-pindah. Karena itu, para makeup artis mesti siap pergi kemana saja klien berada.

4. Tak Boleh Terlambat Sedikit pun

via Imgur.com

via Imgur.com

Para makeup artis pantang datang terlambat. Datang terlambat sebentar saja, bisa kena omel. Hal ini mengingat tugasnya memiliki peran penting sebagai persyaratan awal seorang klien bisa menjalankan agenda selanjutnya.

5. Mesti Membawa Peralatan Makeup Seabrek

via Shopmakeuptrain.com

via Shopmakeuptrain.com

Untuk menghasilkan riasan wajah memuaskan, dibutuhkan peralatan makeup lengkap. Beda orang, beda pula peralatan yang diperlukan. Karena biasanya harus disesuaikan kondisi klien. Karena itu, para makeup artis wajib membekali diri dengan peralatan makeup lengkap yang banyak jumlahnya.

6. Underestimated

via Tumblr.com

via Tumblr.com

Diremehkan menjadi problem yang harus dihadapi makeup artis, terutama pemula. Jadi bisa dibilang, di awal karirnya para makeup artis sering menghadapi masalah ini. Dimana kemampuan diri dianggap remeh dan diragukan. Namun, biasanya anggapan miring hilang seiring dengan bukti skill yang memang mumpuni.

7. Menghadapi Jenis Klien Yang Berbeda

via Tumblr.com

via Tumblr.com

Makeup artis khususnya para pemula tidak bisa memilih kliennya. Sehingga tidak jarang akan menemui klien yang memiliki permintaan yang tidak masuk akal, misalnya ingin terlihat seperti Syahrini, tapi tidak ingin terlihat menggunakan makeup tebal. Jenis klien ini biasanya pun jarang merasa puas walau sebenarnya riasan sudah ditancap maksimal. 

8. Mesti Mampu Merias Banyak Tipe Wajah

via Tumblr.com

via Tumblr.com

Dalam hal ini skill makeup artis sangat diuji. Seorang makeup artis profesional sudah seharusnya memberi hasil optimal dan memuaskan. Untuk itu, dibutuhkan skill mumpuni agar mampu merias banyak tipe wajah. Hal ini karena gaya makeup yang sama tidak bisa diterapkan pada semua orang. Tidak jarang, para makeup artis juga harus bekerja mengikuti kemauan klien.

Cheers to good vibes XOXO

Setiap hari Cuvious memuat artikel kecantikan seperti ini. Stay updated dengan like Facebook kami disini

2,693 total views, 1 views today