Fashion designer asal Inggris Alexander McQueen dikenal dengan desain-desainnya yang realis, dramatis, weird beauty yang kesemuanya dibalut dengan nuansa elegan. KATE Moss, Sarah Jessica Parker, Lady Gaga, Kate Middleton adalah sebagian dari pesohor dunia yang menggandrungi karya-karya McQueen.

McQueen juga banyak mengantongi penghargaan bergengsi, empat kali meraih British Designer of The Year (1996, 1997, 2001, 2003) dan International Fashion Designer (2003). McQueen memulai kariernya dari bawah dan memang punya talenta, sehingga dalam kurun waktu 10 tahun dia sukses menempatkan namanya di jejeran top fashion designer kelas dunia.

McQueen pernah bekerja di bawah tangan-tangan dingin seperti Koji Tatsuno, Romeo Gigli, Gucci Group dan lain-lain. Walaupun di tahun 2010, McQueen meninggal dengan tragis, dia tetap dikenang sebagai fashion designer terbaik dunia dan tidak ada yang bisa menggantikan taste dan cutting-an yang dimilikinya.

Paris Fashion Week 2010 lalu menjadi ajang terakhir dipamerkannya karya-karya McQueen. Banyak yang menilai tema dari rancangannya kali ini adalah angel, death dan virgin. Ada dugaan, saat membuatnya McQueen sudah memikirkan tentang kematian sehingga nuansa kematian yang anggun melekat pada setiap desain-desainnya tersebut.

Sebagian dari 15 karya terakhir McQueen

 

Berikut adalah karya-karya masterpiece-nya yang tidak adakan dilupakan dunia…

Alexander McQueen’s Savage Beauty, 14 March – 19 July 2015
Victoria and Albert Museum London

 

Tak jarang rancangan-rancangannya disandingkan dengan art performance

 

Unik dan nyeleneh, dia percaya selalu ada kecantikan dalam setiap ketidak-indahan

Bukan cuma karya-karyanya yang “di luar kotak” tetapi juga pemikirannya yang tidak mengangungkan pakem-pakem yang biasa dianut para pegelut dunia mode.

Style is not about the clothes, it’s about the individual

Dia selalu percaya bukan persoalan fashion-nya tetapi orang yang mengenakannya.

There is no better designer than nature

Keyakinannya kalau alam adalah “pencipta” yang paling maha!

I think there is beauty in everything. What ‘normal’ people would perceive as ugly, I can usually see something of beauty in it.

Kecantikan sifatnya personal dan milik semua orang, setuju pastinya ‘kan Babes?

“When I’m dead and gone, people will know that the twenty-first century was started by Alexander McQueen.”

Cheers to good vibes!

Foto-foto diambil dari latimes.com, revsmag.com, Getty Images, tributes.com.