Say no to galau dan moody dengan makanan ini. 

Gejala PMS (pre-menstrual) termasuk gampang marah, depresi, food-craving dan cepat lelah. Biasanya, ini terjadi 1-2 minggu atau 3-4 hari sebelum kamu menstruasi, tergantung setiap wanita.

Meskipun PMS adalah saat-saat tidak menyenangkan, untungnya ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mecegah, seperti meditasi dan mengkonsumsi makanan yang dapat mengurangi PMS.

pms-indonesia-blog-makanan

Comfort Food Untuk Mengurangi Efek PMS 

Menurut penelitian tentang kesehatan, terdapat 10 comfort food yang bisa dikonsumsi jika wanita sedang mengalami PMS sebagai berikut:

j

Biji Gandum 

Kandungan fiber atau serat yang tinggi dalam gandum bisa membuat tubuh Anda menjadi stabil dan perut akan tenang selama masa datang bulan.

Sayuran Hijau 

Sayuran yang berdaun hijau mampu mendukung proses pencernaan tubuh serta kandungan zat besi tinggi dan vitamin B bisa menjaga siklus datang bulan agar tetap normal tanpa rasa sakit.

Kacang

Kandungan omega 3 serta lemak tak jenuh dari kacang bisa dijadikan sebagai penenang perut yang nyeri saat datang bulan dan baik dikonsumsi terus menerus saat PMS.

bean_salad_500

Buah Segar

Untuk menjaga kesehatan perut dan meredakan nyeri, maka buah-buahan segar yang memiliki kandungan serat alami sangat baik untuk meredam nyeri pada perut.

Daging Merah

Kebab - grilled meat, French fries and vegetables

Daging merah banyak mengandung zat besi yang berfungsi untuk mencegah anemia dan menambah darah selama masa PMS.

Susu 

Susu mengandung kalsium tinggi serta vitamin D yang tinggi untuk menekan rasa nyeri sampai ke tulang dan juga menjaga kondisi perut lebih baik.

Tuna atau Salmon 

tuna-salmon-sashimi-diet-sehat-indonesia

Tuna dan salmon mengandung lemak baik yang berfungsi untuk mengurangi gejala nyeri serta bisa mengurangi efek dari PMS serta memperlancar siklus datang bulan.

Makanan Bervitamin B 

Pisang, dada ayam serta ubi adalah makanan yang mengandung vitamin B dan sangat baik untuk dikonsumsi selama masa PMS karena bisa memperbaiki metabolisme sel dalam tubuh.

Air Kelapa

cewe-pms-kelapa

Selama masa PMS, seringkali tubuh akan kehilangan banyak cairan dalam bentuk urin dan keringat namun air saja tidak cukup untuk mengganti cairan yang hilang sehingga air kelapa yang memiliki potasium tinggi bisa membantu mengatasinya.

Makanan Bervitamin A dan E 

Melon, wortel, telur, beras merah, mangga, alpukat, ikan dan kacang almond adalah makanan yang mengandung vitamin E serta A yang tinggi dan wajib dikonsumsi selama masa PMS untuk mengurangi gejala nyeri yang tak tertahankan.

Semoga beberapa comfort food yang wajib dikonsumsi selama masa PMS ini bisa membantu Anda untuk mengurangi nyeri sehingga bisa beraktivitas dengan lancar.

Ada ide untuk artikel yang ingin kamu baca selanjutnya? Comment di bawah!

Cheers to good vibes XOXO

Supaya tidak ketinggalan beauty tips Cuvious, anda bisa subscribe untuk dapat email updates lho! Caranya tinggal tulis alamat email anda di Subscription box kita 🙂

 

Foto diambil dari situs pencari, Pinterest dan berbagai sumber. Kredit adalah milik fotografer aslinya.