Apa yang kamu cari dari sebuah buku, Babes? KALO CUVIOUS ditanya, genre buku seperti apa yang disuka, susah jawabnya. Karena genre yang disenangi ada macem-macem, tergantung lagi pengen baca apa. Tergantung mood-nya lagi gimana dan sedang membutuhkan asupan apa untuk saat-saat ini.

Berikut adalah 4 buku koleksi CUVIOUS yang mampu menjawab “kebutuhan” terpendammu!

1. Membaca Legenda, Dongeng Dunia di RANDEN MANDASIA SI PENCURI DAGING SAPI (YUSI AVIANTO PAREANOM)

Buku ini menghibur sekaligus membuka pikiran akan kemungkinan-kemungkinan yang sudah, sedang dan akan terjadi. Jangan terkejut kalo dalam perjalananmu menyelesaikan buku ini, kamu menemukan cerita/dongeng/legenda (termasuk tentang orang suci) yang pernah kamu dengar sebelumnya. Karena kalo boleh CUVIOUS menilai, buku ini memang paduan kesemuanya. Gaya penceritaannya juga membumi dan seolah-olah kita mendengar langsung si penulis bercerita di telinga kita. Buku ini mendapat penghargaan Kusala Sastra 2016 dan termasuk salah satu dari 5 buku terbaik versi majalah Rolling Stone Indonesia.

2. Membaca Sejarah Peta Perpolitikan Asia di ANGSA-ANGSA LIAR (JUNG CHANG)

Sekali-sekali mengizi pikiran dengan bacaan yang bergizi wajib lho, apalagi peristiwa yang pernah terjadi di dunia. Salah satu yang direkomin ke kamu adalah buku ini. Berkisah tentang pergolakan politik di China, mulai dari China tradisional sampai rezim komunis dan perubahan-perubahan arah politik yang mewarnai kehidupan tiga generasi perempuan di China. Membaca ini nggak beda dengan membaca sejarah, hanya saja lebih ringan tanpa bahasa yang diperumit. Buku ini memang ditulis langsung oleh orang yang merasakan sendiri peristiwa bersejarah tersebut. Pada tahun 1994 buku ini dilarang beredar di China. Namun meraih penghargaan British Book of The Year Award 1993.

3. Membaca Kehidupan Penulis yang Susah Senang Susah di PSEUDONIM (DANIEL MAHENDRA)

Kenapa CUVIOUS suka buku ini karena pertama penulisnya nggak terlalu dikenal tetapi bukunya bagus banget. Dan setting ceritanya yang nyeni dan sesuai dengan karakter tokoh di buku, maksudnya lokasinya memang tempat para penulis gaul. Oh, ya buku ini berkisah tentang seorang tokoh yang berprofesi sebagai penulis tetapi rada-rada idealis makanya susah untuk “menjual” karyanya. Sampai akhirnya dia menjadi penulis skenario sinetron yang bisa dibilang di sinilah puncak kesuksesan materi yang dicapainya. Tapi….ada tambahannya lho…tentunya kalo langsung enak aja, nggak ada gregetnya. Mau tau? Baca aja langsung ya hohoho…

4. Membaca Konspirasi Dunia dan Kebingungan-kebingungan Kenapa Kita Hidup di 1Q84 (HARUKI MURAKAMI)

Tenaaang ini bukan buku tentang vickininasi kok *LOL*. Ada banyak peristiwa yang tumpang-tindih dalam buku 3 jilid ini (yoii, ada bagian 1, 2 dan 3-nya Babes!). Tentang bulan di langit yang tiba-tiba ada dua bundar, dua tokoh sentral yang bersinggungan di masa kecil dahulu yang satu adalah ghostwriter satunya lagi pembunuh bayaran. Kemudian cerita-cerita yang membayangi dua tokoh ini ada yang mengenai sekte sesat dan lain-lain. Menarik dari Haruki Murakami, terutama 1Q84 adalah kalimat-kalimat filosofisnya yang menyamar dalam setiap kata dan ceritanya.

Cheers to good vibes!

Foto-foto diambil dari berbagai sumber.