Kapan Nikah? May… be yes may be no.

SAAT acara kumpul keluarga atau reunian, pertanyaan kapan nikah adalah momok yang betul-betul membuat keadaan menjadi tidak nyaman. Alhasil orang yang melontarkan pertanyaan kerap menjadi orang yang kamu benci kan, Babes. Tenang! CUVIOUS punya beberapa jawaban bijak yang wajib kamu coba tanpa harus memendam amarah atau emosi. Ini beberapa jawaban yang bisa kamu kasih untuk menangkis pertanyaan itu-lagi-itu-lagi yang bikin sebel.

1. “Secepatnya.”

Katakan jawaban ini dengan penuh percaya diri. Bahasa tubuh yang percaya diri akan memberikan respon positif juga bagi lawan bicara yang menanyakan kapan nikah.

2. “Doakan ya.”

Katakan sambil memberikan senyuman manis saat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sebaiknya, tidak perlu memasang wajah kesal atau marah saat menjawabnya karena itu menunjukkan bahwa tingkat emosi yang dimiliki masih rendah.

“Kapan nikah?” Capeee… deh.

3. “Dalam waktu dekat ini kok.”

Berikan jawaban ini jika merasa pernikahan adalah hal yang sangat pribadi. Pertanyaan yang sifatnya pribadi tersebut cukup dijawab dengan singkat. Tidak perlu memberikan penjelas lebih lanjut mengapa hingga saat ini belum juga menikah.

4. “Tunggu aja undangannya.”

Jawab sesingkatnya. Kalau kita jawabnya singkat, itu lebih mudah untuk menghentikan obrolan seputar pernikahan. Daripada kita menjelaskan, malah nanti timbul pertanyaan baru dan urusannya jadi semakin panjang.

“Kapan nikah?” Tenaangg… aku nikah, kamu gak bakal aku undang juga kok.

Dalam budaya kita menanyakan hal ini dianggap wajar, dan kebanyakan orang yang terlibat dalam sebuah norma tersebut merasa setiap pertanyaan harus selalu dijawab. Padahal, setiap orang memiliki hak untuk tidak menjawab pertanyaan yang ditanyakan kepadanya.

 

Jadi intinya Babes, jangan terpancing emosi, senyum dan berikan jawaban tegas dan singkat agar si penanya pun tidak menuntut jawaban baru dari pertanyaan-pertanyaan baru lainnya seputar pernikahan.

Foto utama diambil dari Pinterest, foto lainnya dari giphy.