Kalau kamu perlu memakai 2 lembar face oil paper sekali pakai, kemungkinan besar kamu punya tipe kulit berminyak. 

Setiap manusia memiliki kulit wajah yang berbeda-beda sehingga cara merawat wajah pun juga tidak sama. Ada yang normal, kering, kombinasi, dan berminyak. Khusus untuk wajah yang berminyak, perawatannya pun tidak boleh sembarangan karena jika tidak benar, maka wajah bisa timbul jerawat dan juga komedo yang memperburuk kondisi kulit.

Courtesy: Fashionista

Courtesy: Fashionista

3 Tips Merawat Wajah Berminyak 

Untuk merawat wajah berminyak sebenarnya tidak sulit bila Anda mau melakukannya dengan teratur sebagai berikut:

1.Menjaga kebersihan wajah

homemeade-facial-scrub

Kulit berminyak bisa disebut juga dengan kulit sensitif karena sangat rawan untuk terkena debu dan juga kotoran yang menyebabkan berbagai macam masalah kulit seperti jerawat dan komedo. Untuk menjaganya agar tetap sehat maka Anda harus rajin membersihkan muka dari debu yang menyumbat pori-pori. Lakukan pembersihan wajah minimal dua kali sehari ketika Anda mandi dan setelah menggunakan make up. Menggunakan toner setelah mencuci muka juga sangat direkomendasikan karena toner dapat memperkecil pori-pori kulit anda. Sebaiknya sebelum tidur, Anda juga harus membasuh wajah agar tidak mengganggu regenerasi kulit.

2. Jangan menggunakan kosmetik tebal

Courtesy: Buzzfeed

Courtesy: Buzzfeed

Kosmetik tebal yang dimaksud disini adalah menggunakan riasan wajah yang berlapis-lapis dan cukup padat. Untuk wajah yang berminyak, sebaiknya menghindari penggunaan kosmetik padat seperti compact powder karena kosmetik padat bisa menyumbat pori-pori yang memicu terjadinya jerawat. Sebaiknya gunakan bedak tabur yang formulanya lebih ringan sehingga tampak lebih alami. Jika ingin menggunakan alas bedak, maka gunakan BB cream dibandingkan dengan foundation karena merupakan campuran pelembab dan alas bedak.

3. Menggunakan masker bahan alami 

DIY-avocado-mask_collage-1

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan di rumah sehari-hari adalah mengaplikasikan masker alami yang terbuat dari bahan-bahan yang cocok untuk mengurangi kelebihan minyak pada kulit Anda. Sebagai contoh gunakan masker wajah yang terbuat dari jeruk nipis atau lemon. Baca tentang masker yang cocok untuk kulit anda disini. Kedua bahan itu sangat cocok untuk mengurangi sebum pada wajah karena mengandung zat astringent aktif yang mampu merangsang proses pembentukan regenerasi kulit. Anda bisa langsung mengusapkan jeruk pada wajah dan tunggu beberapa saat lalu bilas dengan menggunakan air bersih. Penggunaan bahan-bahan alami dinilai lebih baik dibandingkan masker biasa yang bisa dibeli di toko karena belum tentu masker tersebut terbuat dari bahan alami dan lebih banyak bahan kimianya.

Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda dalam merawat wajah berminyak sehingga penampilan dan kesehatan kulit tetap terjaga.

Ingin memenangkan makeup giveaway bulanan Cuvious? Caranya gampang! Tinggal COMMENT di bawah ide artikel apa yang ingin kamu baca selanjutnya :) (Pemenang diumumkan setiap bulan di FB page Cuvious!)

Cheers to good vibes XOXO

Setiap hari Cuvious memuat artikel kecantikan seperti ini. Stay updated dengan like Facebook kami disini

Foto diambil dari situs pencari dan Pinterest. Kredit adalah milik fotografer aslinya.

1,841 total views, 2 views today