Andai matahari tidak menyebabkan sunburn mungkin setiap hari kamu akan bersenang-senang di pantai sepanjang hari. Benar kan, Babes?

MENGHILANGKAN stres dengan memilih liburan adalah pilihan yang paling banyak dilakukan oleh orang. Salah satu destinasi yang banyak dituju adalah pantai. Namun jangan sampai lengah ya, Babes. Liburan kepantai mesti dilakukan dengan persipan yang matang agar perjalanan mulai dari rumah dan hingga kembali lagi ke rumah lebih menyenangkan.

Sunburn terjadi karena kulit terpapar oleh sinar matahari secara langsung. Akibatnya kulit “terbakar”, yang umumnya ditandai dengan berubah menjadi kemerahan dan gelap, dan bahkan bisa mengakibatkan iritasi. Sinar matahari yang mengandung sinar UV A memicu kulit makin gelap dan muncul tanda-tanda penuaan dini. Sedangkan yang mengandung sinar UV B dapat membakar kulit, dan jika dibiarkan berlangsung lama dapat menyebabkan kanker kulit termasuk melanoma.

Mencegah sunburn

Kamu harus pintar-pintar dalam memilih waktu untuk pergi ke pantai. Kenapa? Ini karena paparan sinar UV matahari paling kuat ada di jam 10 pagi sampai jam 4 sore. Karena itu carilah tempat yang teduh untuk menikmati suasana pantai, misalnya di bawah pepohonan. Selain itu kamu juga bisa memakai pakaian yang tepat untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Pakai juga celana yang panjang namun tetap nyaman, topi yang lebar dan sunglasses.

Untuk pemilihan lotion, lindungi kulit dengan mamakai lotion dengan SPF20 untuk menghindari kulit dari sunburn dan kulit gelap.

Lindungi kulitmu dengan lotion yang mengandung SPF untuk mencegah dari sunburn.

Mengobati sunburn dengan yang alami

Jika sudah terlanjur terbakar sinar matahari bisa disembuhkan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang gampang dijumpai.

Oatmeal

Bungkus oatmeal kering dengan menggunakan kain kasa, lalu basahi dengan air yang mengalir. Tampung air tetesannya dan gunakan untuk mengompres luka. Diamkan sebentar dan ulangi setiap 2-4 jam sekali,

Susu bebas lemak

Campurkan satu mangkuk kecil susu non fat dengan 4 mangkuk air. Lalu tambahkan beberapa buah es batu. Kompres sekujur kulit dengan campuran tersebut selama 20 sampai 30 menit ulangi setap 2-4 jam sekali.

Yogurt

Oleskan yogurt ke area yang terkena sunburn lalu diamkan sekitar 15 menit. Bersihkan kulit dengan airlalu tepuk tepuk kulitnya untuk mengeringkannya. Jangan sesekali menggunakan handur bertekstur kasar karena kulit akan terkelupas secara paksa dan mengakibatkan iritasi.

Gimana? Caranya sangat gampang, ‘kan Babes. Selamat mencoba, dan terhindar dari paparan sinar matahari, ya.

Foto-foto diambil dari situs pencari.