Setiap orang tentu mempunyai pakaian bekas atau celana dari bahan denim mengingat fashion item ini tergolong abadi dan disukai hampir semua orang. Jangan terburu-buru membuang bahan yang tak terpakai ini karena Anda bisa mengubahnya menjadi produk lain yang masih bisa digunakan, yaitu tas denim. Ikutilah tutorialnya berikut ini.

denim-jeans-make-up-bag-5454-lr-01

Tutorial membuat tas dari bahan denim bekas

Jangan khawatir bila Anda tak memiliki mesin jahit karena Anda juga bisa membuat tas denim ini dengan jahitan tangan. Ikutilah langkah-langkahnya berikut ini.

2ae7ec21fae31b7f7697adc9a94fab95

Pertama, siapkan bahan-bahannya, yaitu: bahan celana denim bekas, bolpoin, meteran kain, benang dan jarum, serta gunting.

How-to-DIY-Jean-Bag-Out-of-Recycled-Jeans

1. Gelar bahan denim kemudian potong sesuai dengan panjang tas yang Anda kehendaki.

2. Lipat bahan ke arah dalam.

3. Gunting sebagaimana potongan sebelumnya.

4. Bahan denim ini akan berbentuk seperti celana pendek (hot pants).

5. Balik โ€œhot pantsโ€ tersebut sehingga bagian luar berada di dalam dan sebaliknya.

6. Lipat ujungnya dan mulai dijahit dengan benang dan jarum untuk menutup bagian bawah โ€œhot pantsโ€ yang terbuka. Jahitlah dengan bentuk jelujur sederhana asalkan bagian bawah tertutup dengan rapi.

7. Setelah selesai balikkan kembali bahan tersebut sehingga bagian yang rapi akan berada di luar. Pada tahap ini bentuk tas sudah mulai terlihat.

8. Anda tinggal menambahkan tali dan jadilah tas hasil daur ulang bahan denim milik Anda.

9. Agar tak mudah sobek Anda juga bisa menambahkan pelapis pada bagian dalam dengan kain bekas asalkan lebarnya mencukupi. Tas dengan kain pelapis juga akan lebih terlihat rapi.

10. Nah, selesailah tas dari bahan denim bekas Anda. Mudah, bukan?

Recycled-jeans-Bag

Agar bagian luarnya tak terlalu polos Anda bisa menambahkan beberapa aksen seperti yang Anda inginkan. Paku-paku mengkilap yang dipasang membentuk pola tertentu akan membuat tas Anda terlihat lebih cantik. Selain itu Anda juga bisa menggunakan kain flanel yang dijahit berdasarkan bentuk tertentu dengan jahitan feston. Nah, selamat mencoba!

Mencoba untuk mendaur ulang barang bekas juga merupakan kontribusi kita untuk turut melestarikan lingkungan.

Ingin memenangkan makeup giveaway bulanan Cuvious? Caranya gampang! Tinggal COMMENT di bawah ide artikel apa yang ingin kamu baca selanjutnya ๐Ÿ™‚ (Pemenang diumumkan setiap bulan di FB page Cuvious!)

Cheers to good vibes XOXO

Setiap hari Cuvious memuat artikel kecantikan seperti ini. Stay updated dengan like Facebook kami disini.ย 

Foto diambil dari situs pencari, Tumblr dan Pinterest. Kredit adalah milik fotografer aslinya.