Jika kamu mengaku pencinta fashion yang berkiblat kepada brand-brand penuh gaya dari Britania Raya, maka kamu harus mengetahui fakta menarik ini.

MULBERRY adalah sebuah brand mewah asal Inggris yang memiliki gerai “hanya” 120 stores di seluruh dunia. Terlalu sedikit? Yah, namanya juga brand eksklusif, Babes. Mulberry juga merupakan manufacturer produk-produk mewah terbesar di seantero UK—kalau kamu pencinta fashion yang berkiblat ke British lifestyle, pasti udah nggak asing lagi dengan brand ini. Dari semua produk fashion penuh gaya yang mereka telah ciptakan, Mulberry paling terkenal dengan satu produk terbaiknya, yaitu handbags.

Well, Babes, kalau kamu juga termasuk penggemar tas-tas keluaran Mulberry, kamu harus menyimak fakta menarik dari mereka berikut ini.

1. Bagaimana awal mula nama-nama tas Mulberry diambil

Tim desainer dari Mulberry biasanya akan mengajukan nama-nama dan ide kepada direktur Mulberry, Johnny Coca. Dan Johnny akan selalu mencari tema atau nama spesial yang dianggapnya akan “berjodoh”, atau klop jika dipasangkan dengan tas tersebut, sekaligus bisa membuat produk itu berbeda. Umumnya nama-nama yang diambil berasal dari jalanan atau distrik di London. Johnny beralasan bahwa masing-masing nama dari tas bisa mewakili kondisi atau lokasi dari daerah tersebut.

Salah satu koleksi tas ready-to-wear dari Mulberry Fall 2017.

2. Apa yang menginspirasi desain mereka

“Jalanan.” Itu adalah kata pertama yang meluncur ketika Johnny ditanya topik ini. Bukan rahasia lagi kalau street styler Inggris suka dijadikan inspirasi gaya ready-to-wear oleh banyak desainer kenamaan dunia. Johnny suka berdiri di teras dari Mulberry HQ dan melihat orang-orang yang lalu lalang di jalan di depannya sambil menenteng handbags. Bagaimana handbags itu dibawa, itulah yang memberikan inspirasi bagi direktur Mulberry: apakah tas itu dibawa begitu saja, atau disampurkan di bahu, atau ditenteng dengan tangan? Bagaimana proporsi tas itu dengan fashion outfit mereka secara keseluruhan? Dan sebagainya. Hal-hal detail seperti itulah yang bisa memberikan inspirasi bagi Johnny.

Kira-kira, tas ini terinspirasi dari street apa, coba? :p

3. Bagaimana menciptakan desain-desain mereka yang ikonik dan dicintai

Johnny biasanya tidak akan langsung puas dengan ilustrasi pertama yang ia buat. Setelah bentuk atau desainnya sebenarnya cukup menarik, maka ia akan mencoba bereksperimen lagi dengan menambahkan detail-detail yang bisa membuat sebuah tas itu berkesan chic dan ikonik.

Masih dari koleksi Mulberry Autumn/Fall 2017.

4. 50% dari tas Mulberry diproduksi di UK

Jadi, nggak heran kan kenapa tas-tas keluaran brand ini dibandrol dengan harga yang (sangat) mahal? Selain ongkos produksi yang cukup besar, karena memakai tenaga kerja asal UK, tas-tas Mulberry juga diciptakan dengan memakai bahan-bahan yang berkualitas tinggi dan otentik. Ada 2 pabrik besar di Inggris, yaitu The Rookery di Chilcompton (yang dibuka tahun 1989), dan The Willows di Bridgewater (yang dibuka tahun 2013) yang khusus memproduksi tas-tas Mulberry. Pabrik ini memperkerjakan setidaknya 600 artisan laki-laki dan wanita dimana mereka mengerjakan rata-rata semua tas-tas Mulberry secara manual, dengan tangan. Again, tidak heran kan mengapa tas-tas dari produk ini dihargai sedemikian mahal?

Mulberry AW 2017

5. Proses produksinya seringkali memakan waktu yang cukup lama

Pertama-tama, Johnny akan menggambar—dalam format 2D—dulu setiap seri tas dari Mulberry untuk memberikan ilustrasi kepada seluruh tim di bawahnya. Lalu, Mulberry biasanya mengimpor bahan-bahan kulit langsung dari Italia, lalu brass alloy dan Zamac zips berkualitas tinggi dari Swiss. Setiap rangkaian proses semua tas Mulberry, seperti yang CUVIOUS udah mention di atas, dikerjakan secara manual dengan tangan. Mulai dari memotong bahan kulitnya, piece by piece, lalu trim cut sampai final cut. Belum termasuk proses inking, atau pewarnaan, dan sejumlah proses detail lainnya sampai tas Mulberry yang super stylish dan hi-fashioned itu mendarat dengan manis di gerai-gerai Mulberry di kawasan Bond Street, di London.

So, Babes produk tas Mulberry apa yang mungkin kalian suka? Share sama CUVIOUS di kolom komentar, ya. 😉

Foto utama diambil dari Vogue Rusia, foto lainnya dari Bloglovin’, Vogue UK, dan Pinterest.