Demam Korea dimana-mana, mulai dari dramanya, beauty products sampai makanannya. Untuk produk Korea yang terakhir ini, kamu udah cobain belum?

MELIHAT para aktor dan aktris favorit mengudap makanan di mangkoknya sambil mengunyah penuh nafsu, masakan kamu nggak punya hasrat untuk mencicipi apa yang mereka makan? Berikut CUVIOUS list makanan yang menjadi favoritnya para Korea fans ya. Kamu udah cobain yang mana nih?

1. Jjajangmyeon

Keunikannya adalah mie berlemak nan berminyak ini menggunakan saus hitam dengan ukuran mie yang pipih dan lebar. Kepopulerannya hampir sama dengan Kimchi! Ada sejarah sedih dalam semangkuk mie non pedas ini. Dulu, tahun 1960-an, Jjajangmyeon adalah makanan mahal yang nggak bisa dibeli setiap saat. Makanya dulu hanya dikonsumsi saat perayaan-perayaan saja. Sekarang sih, hampir bisa ditemukan di kios-kios makanan di Korea. Fyi, makanan ini diadopsi dari China lho!

photo source: www.maangchi.com

 

 

2. Bibimbap

Mungkin kalo Indonesia bisa disamakan dengan nais campur ya hehehe tapi bedanya, semua bahan; nasi, sayur, daging diaduk jadi satu. Dengan menabur pasta cabai, membuat makanan ini semakin “mengigit” saja! Ada kalanya, ada telur setengah matang menghiasi rangkaian paduan lauk-pauk tersebut. Konon, sentuhan telur setengah matang ini memberikan taste yang aduhai di lidah!

photo source: taste.com

 

 

3. Budae Jjigae

Adalah makanan rebusan. Mulai dari seafood, sayuran, daging semua digabung jadi satu dimasak dengan bumbu andalan tentunya. Makanan ini lahir pada masa pasca perang, asalnya dari Uijeongbu, Pyeongtaek, dan Munsan; kawasan yang dekat dengan pangkalan militer AS. Nggak heran kalo awalnya, bahan pembuatan makanan ini berasal dari makanan kaleng hasil selundupan pangkalan militer AS.

photo source: www.maangchi.com

 

 

4. Hotteok

Sering dianggap sebagai pancake-nya Korea. Diperkenalkan oleh para imigran China pada tahun 1900-an dan sekarang menjadi jajanan favorit di Korea. Bentuknya bundar dan gepeng dengan isian gula merah, kayu manis dan kacang. Paling populer di konsumsi saat musim dingin nih!

photo source: http://www.sbs.com.au

 

 

5. Tteokbokki

Kue beras goreng dengan saus pedas yang nikmat banget! Di tahun 1950-an, makanan ini populer di kalangan kelas pekerja. Dewasa ini variasinya semakin banyak aja, ada yang menggunakan telur rebus, mie kenyal, makanan laut, dan variasi fusion lainnya.

photo source: koreanbapsang.com

 

Cheers to good vibes!