Suka nggak pede nggak sih, kalau pakai tank top, saat mau angkat tangan ragu-ragu gitu karena warna ketiak kamu kelabu? KECUALI kalau tingkat kepedeanmu di atas rata-rata dan mengangkat lengan tanpa ragu! Wah…CUVIOUS salut kalau kamu termasuk yang pede.

Eniwei, ketiak dengan warna kelabu ataupun yang paling parah mendekati hitam memang sering menghalangi kita untuk bereksperimen dalam berbusana. Niatnya mau pakai dress tanpa lengan jadinya terpaksa pakai bolero guna menutupi si ketiak kelabu.

Sebenarnya nih, penyebab ketiak berwarna keruh bisa macem-macem. Mulai dari keturunan sampai masalah kesehatan. Kalau dari keturunan, karena memang genetik kamu berkulit gelap, so warna ketiak juga ikutan gelap. ‘Kan nggak mungkin warna ketiakmu putih sendiri sedangkan kulitmu berwarna gelap? Hehehehe…

Ada yang bilang menggunakan deodoran bisa mengubah warna ketiak menjadi lebih gelap. Sebenarnya belum tentu benar, Babes. Memang kecenderungan menggunakan deodoran bisa bikin nggak cuma baju di bagian lengan bawah aja yang keruh tapi ketiak juga, tapi kamu wajib tau dulu penjelasannya. Ini terjadi karena saat mandi kamu nggak membersihkan ketiak dengan benar, cuma asal disabun aja. Jadinya, deodoran masih melekat di sana bercampur dengan keringat dan daki.

Kondisi ketiak yang dihimpit membuatnya rentan akan bau dan paparan lain yang memperngaruhi warnanya. Mencukur bulu ketiak dengan nggak hati-hati juga bisa mengubah warna kulit ketiak. Memang idealnya adalah dengan melakukan waxing tapi kalau mau mencukur sendiri pun, sebaiknya menggunakan pisau cukur yang tajam dan bantuan sabun untuk melicinkan kulit, Babes.

Ada yang mengatakan menggosokkan jeruk nipis ke ketiak dapat menghilangkan hitam pada ketiak. Sebenarnya nggak sepenuhnya benar, Babes. Kalau kamu cuma menggosoknya aja lalu mendiamkannya, bisa-bisa ketiak kamu iritasi dan memerah karena asamnya jeruk nipis. Makanya, kalau mau menggunakan jeruk nipis, setelah menggosok dengan jeruk nipis jangan lupa mencuci bersih ketiak lalu ademkan dengan olesan madu.

Madu bisa meringankan efek asam yang ditimbulkan jeruk nipis pada ketiak sehingga kulit ketiakmu tetap lembab dan lembut.Β  Atau dengan bahan yang lebih netral seperti mentimun. Cukup mengosok irisan mentimun ke ketiak lalu diamkan 20 menit dan dibersihkan.

Selamat mencoba ya, Babes……

 

Cheers to good vibes!

 

Foto-foto diambil dari youngindianmoms, findhomeremedy, digitalminx.