Menggunakan masker merupakan salah satu kebutuhan banyak wanita. Alasan utamanya tentu untuk menjaga kulit wajah agar tetap kinclong setelah seharian beraktivitas. Sebab, wanita merupakan makhluk yang sudah kodratnya suka menjaga penampilan. Tapi, tak semua masker cocok untuk semua jenis kulit, sehingga perlu diketahui bagaimana jenis kulit agar manfaat masker benar-benar terasa untuk kulit. Bagaimana memilih masker yang tepat untuk kulit?

Secara garis besar, jenis kulit wanita terbagi atas empat, yaitu kulit normal, kulit berminyak, kulit kering serta kulit sensitif. Berikut ini informasi hebat untuk Anda, dengan demikian Anda bisa memilih masker yang tepat agar kondisi kulit benar-benar sesuai harapan Anda.

Kulit Normal

INSMask1

Jenis kulit ini memiliki spesifikasi tidak terlalu berminyak dan tidak terlalu kering. Jenis ini merupakan yang sangat ideal dan didambakan setiap wanita, sayangnya tidak semua wanita dianugerahi jenis kulit normal. Jadi, masker yang cocok untuk kulit normal adalah yang bersifat merawat kulit, serta menjaga kelembutan serta kesegarannya, seperti masker yang terbuat dari buah atau sayur, serta masker kolagen atau masker lumpur, bisa juga masker dari bahan susu dan yoghurt. Sebab jenis kulit ini pada dasarnya cocok untuk diberikan semua jenis masker.

Kulit Berminyak

Screen Shot 2016-02-22 at 2.04.27 PM

Tanda utama Anda memiliki jenis kulit berminyak adalah terjadinya penumpukan minyak di daerah kening, hidung, serta dagu. Jika ingin memakai masker maka pilihlah yang terbuat dari buah kering, mud mask, mengandung ekstrak pepaya, sehingga mampu menjaga produksi minyak agar tidak berlebihan. Jangan sekali-kali memilih yang berbahan kolagen, atau Peel off karena hanya akan membuat kulit semakin berminyak dan lebih sensitif.

Kulit Kering

Screen Shot 2016-02-22 at 2.07.10 PM

Jenis kulit ini sangat rentan mengalami masalah pengelupasan, biasanya ciri utamanya adalah membuat kulit tampak kusam, dan sering menegang jika ditarik, serta sangat rentan mengalami penuaan dini, makanya dibutuhkan masker dengan bahan utama buah yang mampu melembabkan kulit, meningkatkan kadar cairan pada kulit seperti masker berbahan kacang dan mineral laut. Jangan lupa pilih juga yang peeling yang akan meminimalisir sel โ€“sel mati pada kulit.

Kulit Sensitif

Screen Shot 2016-02-22 at 2.08.14 PM

Buat Anda yang suka berjerawat dan rentan mengalami masalah kulit, maka akan termasuk dalam kategori kulit sensitif. Sehingga masker yang dibutuhkan benar-benar harus alami, contohnya yang terbuat dari kelopak bunga mawar, yang fungsinya untuk menghalau peradangan pada kuit. Selain itu masker lumpur juga bisa digunakan rutin 2×1 bulanย untuk mengencangkan kulit.

Nah, apa tipe kulit kamu dan masker favorit kamu? Share ke Cuvious readers dibawah ya! ๐Ÿ™‚

Demikianlah informasi seputar masker yang cocok untuk Anda. kalau sudah menemukan jenis kulit yang tepat, maka akan membuat saat bermasker Anda menjadi lebih nyaman dan siap-siap mendapatkan manfaat tak terhingga dari masker untuk Anda.

Cheers to good vibes XOXO

 

Foto diambil dari situs pencari, Pinterest dan berbagai sumber. Kredit adalah milik fotografer aslinya.