Ternyata nggak hanya nembak gebetan butuh waktu yang tepat, melamar pekerjaan juga butuh.

TERDENGAR sepele tetapi melamar pekerjaan memang membutuhkan hari yang tepat untuk hasil terbaik. Menurut data Smart Recruiters, lebih dari 270.000 lowongan pekerjaan di Amerika Utara, sebagian besar pelamarnya mengirimkan resume mereka pada awal minggu kerja. Selasa tampaknya menjadi hari sempurna bagi pelamar untuk mengirimkan resume dengan presentase 18,5 persen kemudian diikuti hari Senin dan Rabu.

Setiap manajer yang akan memperkerjakan karyawannya memiliki proses tersendiri untuk meninjau aplikasi yang datang sesuai dengan tenggat waktu yang ditetapkan untuk posisi yang dibutuhkan. Pada kesempatan perekrutan karyawan baru, manajer juga memperhatikan waktu pelamar mengirim aplikasi. Mengirimkan email lamaran pekerjaan pukul 6 hingga 9 pagi dapat mengesankan mereka. Tim perekrut akan menganggap pelamar adalah seseorang yang memiliki semangat dan antusias.

Selain itu, hal terbaik untuk mengirimkan resume lamaran pekerjaan adalah jangan menunggu. Jika ada perusahaan membuka lowongan pekerjaan dan mempostingnya pada hari Senin, maka segera siapkan resume dan mengirimkannya. Jika menunggu sampai hari Jumat atau akhir pekan, aplikasi lamaran mungkin akan terkubur di bawah  pelamar-pelamar yang telah mengirimkan resumenya terlebih dahulu.

Nah, yang berniat melamar kerja minggu ini tahan dulu Babes, coba di hari Selasa atau Senin dan Rabu minggu depan, semoga berhasil!

Foto utama dari Pinterest, foto lainnya dari giphy dan situs pencari.