Ketika teknologi dan modernitas belum sampai ke masa lalu, mereka yang hidup terlebih dulu punya caranya sendiri untuk merawat dan menjaga kecantikannya. INDONESIA sendiri dikenal dengan eksotika kesukuannya dan sebagai salah satu etnis terbesar, perempuan-perempuan Jawa memiliki misterinya sendiri.

Kalau kamu perhatikan nih, ada banyak produk kecantikan yang terinspirasi dari perempuan Jawa Indonesia, mulai dari jamu, lulur dan teknik massage untuk mengembalikan aura kecantikan. Dan….ini semua bisa kita aplikasikan sendiri lho. Begini caranya…

1. Rutin Minum Jamu

Jamu adalah minuman tradisional yang dapat meningkatkan kecantikan dari dalam seperti menghaluskan kulit dan mengurangi bau badan, meningkatkan kekenyalan dan elasitas kulit. Jamu yang CUVIOUS rekomin buat kamu adalah jamu beras kencur dan kunyit asam.

photo source: http://nowbali.co.id

 

 

2. Rajin Maskeran

Pernah punya pengalaman nggak, pas beli masker rajin banget tapi pas mengaplikasikannya malesnya bukan main hehehe. Salah satu rahasia cantik perempuan Jawa adalah rajin maskeran. Maskernya juga masker alami seperti putih telur, madu, bengkoang yang diracik sendiri.

photo source: an-sia.com

 

 

3. Hobi Makan Lalapan

Bener banget nih, Babes! Ada tradisi Jawa kuno dimana perempuan-perempuannya mengurangi porsi konsumsi daging dan memperbanyak makan sayur-sayuran yang sering dijadikan lalapan. Misalnya seperti daun kemangi, terong, selada, mentimun yang dimakan tanpa dimasak terlebih dahulu.

photo source: http://patisenja.blogspot.co.id

 

 

4. Santan Kelapa

Orang dulu mah belum mengenal shampo, so untuk memberikan perawatan pada rambutnya mereka menggunakan perasan santan kelapa yang dicampur dengan jeruk nipis kemudian dimaskerin ke kepala sambil dipijit-pijit deh kepalanya.

photo source: http://pemutihwajah.id

 

 

5. Luluran dan Mandi Bunga

Bukan kemewahan sih tapi memang salah satu ritual yang nggak boleh dilewatkan kalau pengin mendapatkan kulit cantik menawan ala perempuan-perempuan Jawa zaman dulu. Untuk lulurnya yang sederhana aja, beras yang ditumbuk dengan kencur. Untuk rendamannya bisa dengan campuran mawar dan melati yang direndam dengan air hangat.

photo source: glamourindonesia.com

Cheers to good vibes!