Sudah pernah mencoba teknik makeup draping? Bagaimana hasilnya? Banyak yang puas, Babes.

COBA perhatikan kedua foto antara Kim Kardashian dan model Victoria’s Secret Lily Aldridge ini. Menurut kamu, mana yang menggunakan teknik makeup draping dan contouring?

Kim K dan Lily Aldridge.

Teknik makeup draping faktanya sudah menggantikan teknik contouring sejak dirilis oleh Marc Jacobs Beauty untuk Musim Gugur 2016 lalu. Seperti apa sih draping itu? You know Babes, teknik contouring dikenal sejak selebritis Kim Kardashian menggunakannya, walaupun sebenarnya teknik ini bukanlah teknik baru di dunia makeup dan sudah ada sejak lama. Teknik draping ini pertama kali diperkenalkan oleh makeup artis Way Bandy di tahun 1960-an. Dia kerap menangani artis-artis terkenal seperti Farrah Fawcett dan Diana Ross. Teknik makeup-nya disukai karena dapat membuat seseorang terlihat lebih cantik dengan teknik yang transformatif namun tampak natural. Konsep draping yang dipegangnya saat itu adalah membuat wajah terlihat lebih menarik dengan menonjolkan fitur wajah masing-masing.

Marc Jacobs Beauty ad 2016 lalu.

Jadi, intinya draping adalah teknik kontur wajah dengan menggunakan blush. Yang membuatnya berbeda dengan teknik contouring adalah, draping lebih menitikberatkan pada membuat wajah terlihat glowy, bukan tampak tirus. Hasilnya, draping memberikan kontur wajah yang lebih soft dengan warna yang lembut.

Konsep draping ini kemudian dipopulerkan kembali dengan dirilisnya produk terbaru dari Marc Jacobs Beauty, yaitu Air Blush Soft Glow Duo. Merupakan powder blush dengan 2 shade dalam 1 kemasan yang bisa digunakan terpisah ataupun bersamaan untuk menciptakan rona merah alami yang bercahaya. Produk ini dirancang khusus untuk teknik draping. Jika contouring akan memberikan hasil wajah yang terlihat ekstosis dan tampak tirus, draping akan membuat wajahmu terlihat merona natural ala tahun 70-an.

Produk yang digunakan untuk draping

Karena yang diinginkan adalah dimensi lembut bersemu menggunakan blush, sebaiknya hindari produk contouring yang cenderung punya warna kecokelatan yang gelap. Pilih blush palette yang memiliki beberapa warna sekaligus. Kuas yang sesuai tentu saja juga dibutuhkan untuk teknik ini.

Miranda Kerr juga termasuk salah satu seleb yang kerap mengaplikasikan teknik draping. Liat lebih dekat tekniknya.

Meskipun ini blush, area aplikasinya berbeda dengan blush biasanya karena lebih mirip dengan area contouring. Jika blush biasa disapukan pada tulang pipi, blush pada teknik draping disapukan di bawah tulang pipi (area contouring pada umumnya). Area lainnya adalah area kening, tulang alis, dan bisa juga leher. Jika ada beberapa warna blush dalam 1 palette, bisa dicampur untuk menghaluskan gradasinya.

Agar warnanya tidak terlalu menor, gunakan kuas khusus blush dan sapukan tipis-tipis terlebih dahulu. Ketika dandan, jangan lupa lakukan di tempat terang agar warnanya terlihat. Teknik ini juga bisa dibilang cocok untuk semua warna kulit, asalkan tepat memilih gradasi warna blushnya.

Wanna try, Babes? Good luck!

Foto utama dari Marie France, foto lainnya dari hellomagazine, marc jacobs, dan situs pencari.