Karena meski kesannya “nggak keliatan”, tapi sepatu kadang juga bisa nentuin sukses enggaknya wawancara kamu, Babes

DALAM wawancara kerja, ada hal-hal yang meski nggak diutarakan secara blak-blakan oleh Bapak/Ibu HRD yang lagi mewawancarai kamu tapi nggak lepas dari pengamatan mereka, yaitu penampilan. Penampilan menarik emang bisa bikin mata segar, Babes. Apalagi kalau konteksnya lagi diwawancara kerja. Yang Bapak/Ibu HRD itu wawancarain kan biasanya bukan cuma kamu saja. Ada pelamar-pelamar lain yang juga sama mencoba keberuntungan seperti kamu. That’s why, apa yang kamu pakai, sedikit banyaknya, akan memengaruhi penilaian mereka juga.

Well, yang melengkapi seluruh penampilan kamu itu pada akhirnya adalah sepatu. Sepatu itu ibarat cherry on top yang akan nentuin penampilan kamu jadi yay atau malah nay. Misalnya aja, tampilan atasan kamu udah dressy professional tapi sepatu kamu sporty look. Kan nggak nyambung. Wkwkwk… Sebelum kamu jadinya malah ‘salah sambung’, berikut adalah beberapa tipe sepatu yang bisa kamu pakai buat wawancara. Happy reading..

Contoh setelan buat interview yang memakai sepatu heels.

Contoh setelan buat interview yang memakai sepatu heels.

HEELS

Sepatu heels emang bisa membuat penampilan kamu jadi terkesan resmi dan professional. Tapi ada bagusnya perhatikan heels yang akan kamu pakai juga. Sebaiknya jangan memakai heels di atas 5 cm—kamu nggak mau sepatumu jadi terlihat mencolok dan akhirnya jadi pergunjingan calon teman-teman sekantormu ‘kan? So, simpen aja Jimmy Choo kamu baik-baik di rumah.

Warna:

Hitam. Hitam adalah warna yang aman dan umumnya cocok dipakai untuk segala occasion. Kalo kamu diwawancarain untuk kerja di perusahaan-perusahaan yang agak konvensional dan rada serius, sebaiknya pakai heels warna hitam aja, ya Babes. Heels berwarna hitam ini akan membantu penampilanmu menjadi lebih professional.

Contoh setelan from-top-to-toe ala Victoria ini oke banget buat dicontek untuk wawancara. Tapi... heels-nya nggak setinggi itu juga dong ya. :)))

Contoh setelan from-top-to-toe ala Victoria ini oke banget buat dicontek untuk wawancara. Tapi… heels-nya nggak setinggi itu juga dong ya. :)))

Soft, atau warna-warna nude yang netral. Perpaduan heels berwarna lembut dengan blouse dan blazer bisa bikin penampilanmu bukan hanya terlihat professional, tapi juga terkesan stylish. Tapi kalau memilih sepatu dengan warna, pastikan bentuk heels kamu juga simply elegant, ya Babes. Remember, less is more. So, pastikan jangan ada rumbai-rumbai nggak penting yang jadi aksen di belakang heels kamu. Big no.

Nude heels yang tetap 'aman' dipake buat wawancara.

Nude heels yang tetap ‘aman’ dipake buat wawancara.

Semacam catatan:

Kitten heels biasanya adalah rekomendasi yang cocok buat kamu yang pengin pakai heels pas wawancara. Tipe kitten heels ini sangat nyaman dipakai karena tinggi heels-nya yang masih masuk akal. So, kalau Babes pengin tetap comfy pas interview, sebaiknya selalu sediain sepatu model ini di wardrobe kamu, yaa…

kitten-heels

Kitten heels yang gaya tapi tetap formal.

-Kecuali kamu lagi wawancara untuk kerja di industri fashion dan lifestyle-related company, maka heels di atas 5 cm dengan warna-warna ‘berani’ justru sah-sah aja untuk dipake. Bahkan heels semacam ini akan membuat penampilanmu semakin fabulous dan hi-fashioned.

 

FLATS

Kalo kamu termasuk bagian yang nggak terlalu suka pake heels, sepatu flat juga bisa dipake buat wawancara kok. Dan flats juga nggak kalah keren untuk membuat penampilan terlihat professional. Tapi, yang paling penting diperhatikan  kalo memutuskan mau memakai sepatu tipe ini adalah outfit. Karena sepatu flats sebenarnya memberi kesan casual, maka pastikan outfit kamu jangan casual lagi, Babes. Memadukan flats dengan pencil skirt, shirt dan blazer juga bisa membuatmu terlihat resmi (tapi gaya) kok.

Meski pake flats, tapi bisa tetap business-looked juga kan.

Meski pake flats, tapi bisa tetap business-looked juga kan.

Contoh setelan outfit untuk wawancara yang memakai sepatu flat.

Contoh setelan outfit untuk wawancara yang memakai sepatu flat.

Warna:

Hitam, atau warna-warna basic. Sama seperti penjelasan di atas, warna hitam adalah warna yang cukup aman untuk dipadukan dengan outfit bagaimanapun. Tapi kalau kamu nggak terlalu suka warna hitam, kamu juga bisa pakai warna-warna basic yang tentunya nyambung sama penampilan kamu keseluruhan, ya.

tory-burch-quinn-quilted-leather-ballet-flats

Tory Burch Quinn Quilted Leather Ballet Flats ini lucu juga dipake buat wawancara.

Semacam catatan.

-Pastikan flats yang kamu kenakan berdesain minimalis yang tidak terlalu banyak aksen. Flats yang minimalis ini bisa memberi kamu kesan formal.

Kalau kamu mau memberi sentuhan sedikit lebih professional, kamu bisa memakai business-looking flats. (Sepatu-sepatu bermodel business-looking flats gini bisa dicari di Nordstrom, btw).

Business looking flats

Business looking flats

-Jangan pakai flats yang aneh-aneh. Namanya interview, jadi sebaiknya singkirkan jauh-jauh Moccasins, atau bahkan Mary Jane (!) dari daftar rencana kamu.

 

And last, pastikan semua jari-jari kakimu tersembunyi dengan baik di dalam sepatu, ya Babes. Don’t you ever think of those kinds of peep-toes once you’re in for interview. Oke, selamat berburu sepatu. Gud luck!  :)

 

Foto-foto diambil dari situs pencari, ReadersDigest, Womensok, dan dari Looksharp Blog.

 

956 total views, 8 views today