Permasalahan yang sudah ada sejak jaman Siti Nurbaya. Tapi gimana cara menyelesaikannya?

SEBETULNYA perkara jodoh dan dijodohkan oleh orang tua ini udah ada sejak dulu sekali, ya. Dan meskipun di jaman sekarang sebenernya udah nggak terlalu relevan lagi, tapi diakui atau enggak, hal seperti itu masih kerap terjadi. Memutuskan untuk menikah atau tidak memang sepenuhnya adalah hak kamu, Babes. Tapi di sisi lain orangtua tentunya ingin yang terbaik untuk kamu, dan salah satu terbaik yang mereka inginkan adalah pasangan kamu.

Ketika kamu tak kunjung datang mengenalkan pacar ke hadapan orangtua, sudah sewajarnya orangtua turun tangan mencari pasanganmu. Tapi… ternyata usaha orangtua membuatmu tidak nyaman. Diperkenalkan dengan kenalan orangtua yang ternyata asing buatmu dan diminta untuk mempertimbangkan hubungan asmara tentunya adalah hal yang tidak nyaman.

Nah gimana nih biar orangtua mengerti kalau kamu nggak ingin dijodohkan, Babes? Nih coba simak beberapa tips dari CUVIOUS berikut ini. Semoga berguna, ya.

1. Kalau kamu memang tak berniat menikah…

Mungkin kamu sudah merasa lebih bahagia tanpa pasangan, maka ada baiknya kamu menyampaikan dengan jujur kepada orangtua. Mereka mungkin akan kecewa (dan itu wajar) lalu menolak perkataan dan alasan-alasan kamu. Namun jelaskan semua hal yang dapat meyakinkan orangtuamu bahwa ada hal-hal yang bisa membawa kebahagiaan buat kamu, selain menikah. Tapi, ingat untuk tetap sampaikan itu dengan tenang, ya. Jika dibutuhkan, kamu bisa minta bantuan keluarga terdekat agar dapat menjadi penengah antara kamu dan orangtua.

2. Kalau kamu meniatkan untuk menikah…

Mungkin kamu pengin menikah, hanya saja belum menemukan yang sreg. Atau sepertinya kurang pas kalau kamu menolak begitu saja. Siapa tahu orang yang diperkenalkan itu dapat menarik hati. Memang sih idealnya kamu yang memperkenalkan pilihan kamu lebih dulu. Namun realitanya, kamu belum juga memperkenalkan siapapun, kan? Salah satu solusi untuk ini adalah bagaimana kalau kamu membuat semacam kesepakatan dengan orangtua.

Misalnya mencakup kriteria pasangan seperti apa yang kamu harapkan dan bagaimana cara berkenalannya. Lalu apa yang akan kamu lakukan jika ternyata kamu tidak sreg dengan pilihan mereka? Kamu bisa menambahkan kesepakatan yang lain. Lagi-lagi, jika sulit mencapai kesepakatan, kamu bisa minta bantuan dari keluarga dekat untuk menjadi penengah.

That’s all, Babes. Intinya apapun keputusan kamu, sebaiknya bicarakan baik-baik kepada orangtuamu dengan tenang, ya. Cheers to good vibes.

Foto utama dari mediacause, foto lainnya dari Tumblr dan giphy.